sign up SIGN UP

SKINCARE

Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Memutihkannya

Henny Alifah | Kamis, 10 Sep 2020 23:00 WIB
Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Memutihkannya
caption

Ketiak hitam yang gelap bisa memalukan dan membuat frustrasi. Tapi sebenarnya ini wajar dan natural, seperti yang juga biasanya terjadi di area belakang leher, selangkangan, siku, dan lutut. Penyebab umum ketiak hitam yaitu

  • Bercukur. Mencukur rambut ketiak mungkin membuat ketiak gelap karena kulit iritasi, merangsang produksi melanosit berlebih yang mengubah warna kulit jadi gelap.
  • Penumpukan kulit mati. Sama seperti kulit di bagian yang lain, bakteri dan kotoran pada ketiak yang jarang dibersihkan akan menumpuk dan membentuk sel kulit mati sehingga menyebabkan ketiak hitam.
  • Deodoran atau antiperspiran tertentu. Produk ini memang dapat mencegah bau badan, namun beberapa mungkin diformulasikan dengan bahan irritant yang kemudian membuat ketiak hitam.
  • Pakaian yang ketat atau berbahan kasar. Kulit di bawah lengan sangat sensitif. Saat mengalami gesekan dengan pakaian yang ketat, apalagi seratnya kasar, dapat menyebabkan ketiak iritasi dan lama-lama menggelap.

Nah, tapi ada, kok, cara untuk mencerahkan ketiak hitam yang semula gelap jadi lebih cerah. Mau tahu bagaimana caranya? Keep scrolling!

1. Selalu pakai krim cukur

untuk menghindari ketiak hitam, selalu gunakan krim cukur ketika bercukur
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Instagram.com/ursamajorvt

Mencukur rambut ketiak itu wajib. Untuk menghindari iritasi pada ketiak, olesi kulit dengan sabun lembut atau krim cukur saat bercukur. Krim cukur bisa juga diganti dengan conditioner, body lotion, minyak kelapa, atau madu. 


Coba: Ursa Major Stellar Shave Cream, Fur Shave Cream, Kiss My Face Pomegranate Grapefruit Moist Shaving Cream

2. Pakai moisturizer

biar ketiak putih, gunakan lotion setelah bercukur
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Instagram.com/figandyarrow

Selesai bercukur, jangan lupa oleskan pelembap yang tidak beraroma ke area ketiak. Ini berguna untuk mengurangi iritasi dan mencegah perubahan pada kulit.

Coba: Fig and Yarrow’s Under Arm Lotion

3. Beralih ke waxing atau laser hair removal

jika bercukur membuat ketiak hitam, beralihlah ke waxing atau laser hair removal
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Instagram.com/ursamajorvt

Kalau bercukur masih saja bikin ketiak hitam, kamu mungkin perlu mencoba beralih ke waxing. Waxing bisa bantu mencerahkan kulit ketiak karena sel kulit mati ikut terangkat. Kamu juga bisa beralih ke perawatan seperti laser hair removal, yang mengandalkan alat khusus bernama Intense Pulsed Light (IPL).

4. Lulur

biar ketiak putih, gunakan lulur 2-3 kali seminggu
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Instagram.com/viennabeautyofficial

Ketiak hitam bisa jadi disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, juga kotoran dan minyak. Jadi, tak hanya kulit wajah saja yang butuh eksfoliasi, tapi kulit ketiak juga. Lakukan eksfoliasi atau lulur di ketiak dua kali seminggu. Pastikan menggosok kulit ketiak secara lembut dan pilih produk dengan butiran scrub yang tidak kasar agar tidak membuat ketiak lecet.

Coba: Vienna Underarm Scrub, LUSH Bûche de Noël cleanser

5. Beralih ke deodoran kristal

deodoran kristal diklaim tidak membuat ketiak hitam
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Instagram.com/crystaldeodorant

Pakai deodoran penting untuk mencegah bau badan. Namun, jika ketiak hitam yang kamu alami terjadi karena pemakaian deodoran, cobalah beralih ke deodoran kristal. Berbentuk batu kristal, garam mineral pada deodoran kristal mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Coba: Crystal Body Deodorant, Marwah Crystal Deodorant

6. Gunakan krim pemutih

ketiak putih bisa didapat dengan memakai krim pemutih
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Instagram.com/everwhiteid

Biar punya ketiak putih, kamu juga bisa coba krim pemutih. Dibuat dengan formula khusus, krim pemutih menawarkan hasil yang lebih cepat.

Coba: Nature Republic Cotton Armpit Kit, Everwhite Axillary Cream, Inez Underarm Whitening Cream productnation

7. Manfaatkan bahan alami

air lemon diyakini dapat membuat ketiak putih
Cara Memutihkan Ketiak Hitam/ Foto: Freepik.com

Satu lagi cara untuk mendapatkan ketiak putih, yaitu menggunakan pemutih dari bahan-bahan alami. Bahan yang populer untuk membuat ketiak putih adalah kurkumin, yang merupakan pigmen pada kunyit.

Selain itu, air lemon, milk thistle, biji bunga matahari, akar manis (licorice), dan ekstrak teripang (sea cucumber extract) juga terkenal sebagai bahan pemutih ketiak. Namun, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau dokter kulit sebelum menggunakan exfoliant rumahan ini karena dapat berpotensi mengiritasi kulit.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id