sign up SIGN UP

SKINCARE

Penyebab Serta Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Intan Dwi | Jumat, 04 Sep 2020 18:30 WIB
Penyebab Serta Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik
caption

Salah satu penyebab dari kulit kering dan bersisik adalah perubahan cuaca yang buruk, sehingga menyedot kelembapan dari pori-pori secara langsung. Terlebih lagi kulit bersisik bisa membuat penampilan terlihat lebih tua karena munculnya garis garis halus atau keriput,

Apalagi ketika makeup, akibat kulit kering dan bersisik makeup menjadi tidak nempel. Tak hanya itu saja, ada beberapa yang menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi kulit kering dan bersisik.

Penyebab

Kulit kering dan bersisik disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggantian
Penyebab Kulit Kering dan Bersisik/freepik.com

Perubahan cuaca, pergantian musim kemarau dan hujan bisa mendatangkan malapetaka ke kulit kamu. Saat udara kering dan dingin, air lebih banyak menguap di permukaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan pengelupasan karena lapisan atas kulit mengering.


Dermatitis kontak, ruam kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu dan kulit jadi sensitif terhadap zat tertentu. Zat itulah yang mungkin mengiritasi kulit atau memicu reaksi alergi dan bisa menyebabkan kulit bersisik, merah dan gatal.

Psoriasis, psoriasis sendiri diduga sebagai masalah sistem kekebalan tubuh dimana kondisi ini akan menyebabkan bercak kulit yang terlihat bersisik dan cenderung tidak bergantung pada cuaca.

Infeksi bakteri atau jamur, tanpa kita sadari banyak sekali bakteri yang menempel di kulit ini dan berujung menyebabkan infeksi. Nantinya infeksi ini akan membuat kulit bercak kering, merah dan bersisik.

Cara Mengatasinya Kulit Kering dan Bersisik

Gunakanlah Pembersih yang Lembut dan Melembapkan

Asam hialuronat, glisetin dan ceramide merupakan bahan yang akan memberikan dosis hidrasi ekstra saat kamu membersihkan.
Gunakanlah Pembersih yang Lembut dan Melembabkan/freepik.com

Carilah produk pembersih dengan formula krim bebas pewangi yang cenderung terasa seperti pelembap. Asam hialuronat, gliserin dan ceramide merupakan bahan yang akan memberikan dosis hidrasi ekstra saat kamu membersihkan.

Gunakan Pelembap

menggunakan pelembab yang kuat untuk kulit kering  nantinya bisa membantu memperbaiki pelindung kulit.
GUnakan Pelembab/freepik.com

Kamu bisa menggunakan pelembap untuk membantu memperbaiki pelindung kulit. Kamu bisa mengoleskan pelembap yang lebih tebal agar kulit tetap lembab meskipun setelah dibersihkan.

Jangan gunakan lotion, karena lotion memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan tidak akan menutup hidrasi. Hindari juga produk yang mengandung alkohol dan cari bahan yang melembapkan dan menenangkan seperti asam hialuronat, ceramides, aloe vera, shea butter, urea, oatmeal, dan squalene.

Perhatikan Waktu dan Suhu Air Mandi

Selalu perhatikan suhu air dan waktu mandi kamu agar kulit tetap terhidrasi
Perhatikan Waktu dan Suhu Air Mandi/freepik.com

Mandi dengan air panas dalam waktu yang lama tidak akan membantu mengatasi masalah kulit kering kamu. Emang sih, mandi dengan air panas enak dan menenangkan, tapi air yang super panas bisa merusak pelindung kulit.

Nantinya akan menyebabkan kulit menjadi kering hingga mengelupas. Jadi gunakan air dengan suhu yang hangat dan mandi tidak lebih dari 10-15 menit.

Lakukan Eksfoliasi

eksfoliasi bisa menjadi cara efektif untuk mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan pengelupasan.
Lakukanlah Eksfoliasi/freepil.com

Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi ya, Ladies! Karena eksfoliasi bisa menjadi cara efektif untuk mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan pengelupasan. Tapi kalau hanya mengalami kemerahan dan bersisik karena kulit kering sensitif gunakan sedikit produk untuk eksfoliasi. Lakukan dengan lembut dan hati-hati, karena kalau tidak itu bisa menyebabkan kekeringan dan iritasi lebih lanjut.

Daripada mengunakan scrub yang kasar, kamu bisa gunakan handuk berserat untuk mengelupas setelah dibersihkan. Jangan melakukan eksfoliasi lebih dari satu kali selama seminggu ya, ladies! Kalau sudah mengeksfoliasi, jangan lupa untuk gunakan pelembap.

Nyalakan  Humidifier

Menyalakan humidifier saat tidur bisa membantu kamu untuk mengembalikan kelembaban kulit.
Nyalakan Humidifier/freepik.com

Hawa panas yang terik saat musim kemarau benar-benar membuat kulit menjadi kering. Cara praktis untuk mengatasinya kamu bisa menyalakan humidifier, terutama saat kamu tidur. Karena dengan itu akan membantu mengembalikan kelembapan kulit kamu.

Tapi jika kamu memiliki masalah kulit yang sangat kering, bersisik dan muncul ruam, bahkan disertai luka. Lebih baik kamu bisa periksa ke dokter untuk mendiagnosis yang tepat dan diberikan obat yang sesuai dengan hasil diagnosa.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id