sign up SIGN UP

SKINCARE

Perawatan Kecantikan Zaman Dulu yang Patut Kamu Coba

Ade Irma Suryani | Rabu, 28 Oct 2020 14:30 WIB
Perawatan Kecantikan Zaman Dulu yang Patut Kamu Coba
caption
Jakarta -

Sebelum adanya berbagai perawatan kecantikan modern seperti saat ini, wanita zaman dulu mempunyai caranya sendiri dalam merawat kecantikannya. Mereka telah terbiasa melakukan berbagai perawatan dengan cara alami, alhasil efek yang didapatkan sangat bermanfaat dalam menjaga kecantikan, tanpa efek samping, dan bahkan juga ikut awet bertahan sampai beberapa tahun setelahnya. 

Nah, berikut ini ada beberapa perawatan kecantikan zaman dulu yang patut kamu coba dalam merawat kecantikan. Berikut ulasannya di bawah ini.   

 

1. Masker Wajah dari Buah-buahan

Masker berasal dari buah-buahan dapat menjadi perawatan kecantikan alami.
Masker Tomat/Foto: Freepik.com 

Masker wajah yang berasal dari buah-buahan merupakan perawatan kecantikan alami yang masih sering dilakukan oleh banyak wanita hingga saat ini. Nah, daripada terlalu sering merogoh kocek yang mahal untuk membeli masker wajah, lebih baik sesekali kamu memanfaatkan buah-buahan di sekitar sebagai masker. Kamu dapat memilih jenis buah seperti bengkoang, lemon, tomat, alpukat, timun dan pisang.

Beberapa dari buah-buahan tersebut memiliki manfaat yang penting dalam merawat kulit wajahmu, seperti halnya mencerahkan, menjaga elastisitas kulit, dan juga menyegarkan. 

 

2. Bedak Dingin

Bedak dingin merupakan perawatan kecantikan yang sudah ada sejak zaman dulu.
Beras/Foto: Freepik.com

Bedak dingin sudah sejak zaman dulu digunakan oleh para wanita dalam merawat kulitnya. Karena menggunakan beras sebagai bahan utamanya, bedak dingin mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Diantaranya ialah dapat mengatasi masalah jerawat dan memudarkan bekasnya, membuat kulit menjadi lebih lembap, mengangkat sel kulit mati serta memperlambat proses penuaan. 

Untuk proses pembuatan bedak dingin ini cukup mudah. Rendam beras yang telah dicuci selama semalaman. Besoknya, tumbuk sampai halus lalu campurkan  dengan irisan daun pandan atau bunga. Setelah itu jadikan bola-bola kecil dan biarkan sampai kering. Nah, kamu bisa menggunakannya dengan mencampur sedikit air atau air mawar. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa membeli bedak dingin yang telah dijual di pasaran. 

 

3. Santan Kelapa

Menggunakan santan kelapa adalah cara orang zaman dulu merawat kecantikan.
Santan Kelapa/Foto: Freeepik.com 

Santan kelapa juga sering digunakan oleh wanita zaman dulu untuk membilas rambutnya agar kuat, lebat dan lembut. Hal ini karena santan kelapa dapat bermanfaat dalam mengatasi kerontokan dan juga merangsang pertumbuhan rambut. 

Untuk mengatasi masalah rambut rontok dan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut, kamu dapat melakukan creambath dengan santan seminggu sekali. Caranya, oleskan santan kental pada kulit kepala dan rambut. Pijat kepala dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air. 

 

4. Mandi Susu

Mandi susu merupakan perawatan kecantikan zaman dulu.
Mandi Susu/Foto: Freepik.com 

Mandi susu sudah menjadi perawatan kecantikan yang biasanya dilakukan oleh putri raja zaman dahulu. Mandi susu sendiri memang sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit, karena dapat mencerahkan dan sekaligus membuat kulit lebih halus. 

Caranya, kamu dapat menuangkan 5 cangkir susu segar ke dalam air hangat untuk persiapan berendam. Masukkan juga setengah cangkir madu dan minyak esensial. Nah, kamu dapat melakukan perawatan kecantikan ini 1-2 kali seminggu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id