sign up SIGN UP

SKINCARE

Perbedaan Peptide dan Retinol, Dua Kandungan yang Bikin Awet Muda

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 02 Nov 2020 17:30 WIB
Perbedaan Peptide dan Retinol, Dua Kandungan yang Bikin Awet Muda
caption

Tidak bisa dipungkiri bahwa produk skincare memiliki peruntukkan masing-masing. Ada yang fokus melembapkan, menghilangkan bekas jerawat, membuat kulit terasa kenyal, mengecilkan pori-pori dan ada pula yang fokus untuk anti aging. Terkhusus untuk skincare anti aging ini, terdapat dua kandungan yang sudah tidak asing lagi yaitu peptide dan Retinol.

Keduanya sama-sama dikenal ampuh untuk meremajakan kulit sehingga terlihat awet muda. Meski demikian, ternyata keduanya juga memiliki perbedaan lho. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Peptide

Peptide sendiri merupakan molekul kimia yang asal pembentukannya dari asam amino.
Peptide/freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya, maka terlebih dahulu diketahui apa itu Peptide. Nah, Peptide sendiri merupakan molekul kimia yang asal pembentukannya dari asam amino. Rangkaian asam amino ini kemudian bekerja menghasilkan protein yang dibutuhkan oleh kulit.

Apabila jumlah asam amino yang terbentuk ini melebihi 50 molekul maka di saat itu juga senyawa lain akan mengalami perubahan menjadi protein. Bisanya molekul ini pula lah yang dipakai dalam rangkaian produk kecantikan yang memfokuskan perawatan anti aging kulit, baik itu sebagai serum maupun krim bahkan yang lainnya.

Apa Itu Retinol

Kemampuan lain yang bisa didapatkan dari Retinol ini adalah dapat difungsikan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.
Retinol/freepik.com

Retinol merupakan derivatif alias turunan dari vitamin A yang mampu melakukan perangsangan terhadap sel-sel kulit mati untuk segera berganti sekaligus mempercepat produksi kolagen. Kemampuan lain yang bisa didapatkan dari retinol ini adalah dapat difungsikan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Untuk itu tidak mengherankan jika kandungan retinol ini sangat akrab dengan peremajaan kulit karena kerap dimasukkan sebagai salah satu bahan pembuatan skincare anti aging.

Manfaat Peptide dan Retinol

Peptide sendiri diklaim memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan penuaan dini karena dapat menghasilkan protein yang dibutuhkan kolagen untuk berproduksi.
peptide & retinol/freepik.com

Selain mengetahui pengertiannya, membahas mengenai manfaat dari masing-masing kandungan ini juga bisa membuat semakin paham akan perbedaan keduanya. Peptide sendiri diklaim memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan penuaan dini karena dapat menghasilkan protein yang dibutuhkan kolagen untuk berproduksi.

Dengan kata lain, kulit tidak bisa terlepas dari yang namanya protein ketika akan memproduksi kolagen. Sebagaimana yang diketahui, kolagen merupakan salah satu kunci keremajaan kulit. Selain berhubungan erat dengan produksi kolagen, Peptide ini juga mampu memproduksi serat elastin yang dapat memelihara kulit agar tetap kencang.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu, manfaat retinol sendiri ialah membantu siklus regenerasi kulit agar lebih cepat sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan awet muda. Hal ini memang erat kaitannya dengan asal muasal retinol itu sendiri yang tidak lain merupakan turunan vitamin A yang biasa digunakan untuk pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Perbedaan Peptide dan Retinol

Peptide lebih mengarah pada produksi protein kulit yang dapat meningkatkan kolagen sedangkan Retinol lebih mengarah pada upaya regenerasi sel kulit serta mempertahankan elastisitas kulit agar tetap kenyal.
peptide & retinol/freepik.com

Setelah membahas pengertian sekaligus manfaat Peptide dan Retinol maka bisa dilihat bahwa keduanya memiliki perbedaan dari segi fungsi dan karakteristik zat nya. Peptide lebih mengarah pada produksi protein kulit yang dapat meningkatkan kolagen sedangkan Retinol lebih mengarah pada upaya regenerasi sel kulit serta mempertahankan elastisitas kulit agar tetap kenyal.

Dari hal ini, dapat dipahami pula bahwa keduanya sama-sama berfungsi sebagai anti aging namun jika ditelisik lebih dalam, terdapat perbedaan spesifik dari cara peremajaan kulit yang dilakukan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id