sign up SIGN UP

SKINCARE

Perbedaan Serum Dan Moisturizer

Siti Mukaromah | Sabtu, 01 May 2021 12:30 WIB
Perbedaan Serum Dan Moisturizer
caption
Jakarta -

Ladies, menggunakan skincare memang salah satu hal yang bisa jadi sangat menenangkan bagi para pelakunya. Selain mengatasi masalah kulit menggunakan skincare juga dapat membuat kulit lebih sehat dan mengantisipasi adanya masalah kulit yang dapat datang kapan saja.

Namun karena jenis skincare yang begitu beragam membuat mereka yang awam tentang skincare menganggap hampir semuanya sama saja. Seperti halnya serum dan moisturizer. Banyak orang menganggap dua skincare ini sama saja. Asalkan dapat mendapatkan solusi untuk masalah kulit yang dimiliki ia akan berpikir untuk menggunakan hanya satu jenis saja atau bahkan menggunakannya dengan urutan yang salah. Inilah salah satu penyebab kinerja skincare tidak maksimal.

Pada kenyataannya skincare ini berbeda fungsi dan kegunaan, lho, ladies. Berikut penjelasannya:

Serum

Perbedaan Serum Dan Moisturizer/freepik.com
Perbedaan Serum Dan Moisturizer/freepik.com

Serum merupakan salah satu jenis skincare yang memiliki bahan aktif dengan kadar persentase lebih tinggi dari pada toner. Namun, lebih dapat menyerap ke dalam kulit, sehingga mampu mengatasi masalah kulit lebih cepat. Serum biasanya akan lebih diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit seperti hiperpigmentasi, masalah penuaan dan jerawat.

Perbedaan Serum Dan Moisturizer/freepik.com
Perbedaan Serum Dan Moisturizer/freepik.com

Tekstur yang ditawarkan oleh serum pun berbeda – beda tergantung pada brand yang mengeluarkannya. Namun pada umumnya tekstur serum akan cenderung sedikit kental dan cair, tapi tetap ringan dan dapat menyerap dengan cepat. Untuk penggunaannya sendiri serum biasa digunakan setelah toner atau essence dan sebelum moisturizer.

Moisturizer

Perbedaan Serum Dan Moisturizer/freepik.com
Perbedaan Serum Dan Moisturizer/freepik.com

Lain halnya dengan serum, kandungan yang dimiliki moisturizer pun lebih mengarah untuk melembabkan dan memproteksi  kulit. Sehingga moisturizer lebih berfungsi untuk mengunci kelembapan dan nutrisi dalam kulit.

Teksturnya pun berbeda dengan serum. Jika serum sedikit kental dan cair, moisturizer cenderung kental atau creamy. Hasil yang diberikan pun akan berbeda. Beberapa moisturizer akan memberikan efek glowing karena mengandung ekstrak minyak dari bahan tertentu yang mampu memberikan kelembapan lebih dibandingkan moisturizer yang memberikan hasil matte.

Penggunaan skincare jenis ini berada di urutan paling akhir atau sebelum face oil pada malam hari dan sebelum menggunakan SPF pada pagi hari.

Ladies, beda skincare beda juga manfaat yang diberikan. Meskipun beberapa jenis skincare mampu memberikan efek yang sama namun kamu tidak bisa menyamakan fungsi mereka. Kamu mungkin akan mendapatkan fungsi tertentu pada sebuah serum yang tidak akan kamu dapatkan dalam sebuah moisturizer begitu pun sebaliknya. Jadi, lebih bijaklah dalam menggunakan skincare ya, ladies.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id