sign up SIGN UP

SKINCARE

Perbedaan Wash Off Mask, Sheet Mask dan Clay Mask yang Wajib Kamu Tahu!

Adinda Tami | Rabu, 16 Sep 2020 19:30 WIB
Perbedaan Wash Off Mask, Sheet Mask dan Clay Mask yang Wajib Kamu Tahu!
Foto: Freepik.com

Siapa pun yang mendambakan kulit sehat pasti tidak pernah melupakan ritual skincare alias perawatan kulit. Selain mengunjungi dokter atau salon untuk melakukan treatment, ritual skincare dapat dilakukan di rumah.

Masker adalah salah satu step skincare yang menjadi favorit karena bisa mengangkat sel kulit mati penyebab kusam. Manfaat masker yang lain adalah memberi kelembapan, mengurangi kadar minyak hingga memberi nutrisi.

Ada beragam jenis masker yang hadir di pasaran, seperti wash off mask, sheet mask dan clay mask. Sama-sama disebut masker, lalu apa saja bedanya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini yuk!


Clay Mask

Clay mask, wash off mask, sheet mask, perbedaan jenis-jenis masker.
Sumber gambar https://www.freepik.com
Clay mask diaplikasikan dengan bantuan kuas. Sumber gambar https://www.freepik.com

Clay mask berasal dari abu vulkanik yang kaya kandungan mineral. Berbeda dengan mud mask yang melembapkan, clay mask bermanfaat mengurangi kelebihan minyak di kulit. Oleh sebab itu, jenis masker ini lebih disarankan bagi mereka pemilik kulit normal berminyak.

Sheet Mask

Perawatan kulit, ritual skincare, perbedaan sheet mask, wash off mask, clay mask
Ritual skincare menggunakan sheet mask. Sumber gambar https://www.freepik.com.

Selanjutnya ada sheet mask. Masker berbentuk lembaran yang booming di dunia kecantikan. Meskipun sheet mask tidak berasal dari Korea namun sheet mask semakin populer berkat adegan di beberapa episode drakor. 

Memiliki beberapa kelebihan seperti praktis karena tinggal buka dan langsung dipakai tanpa harus menggunakan kuas seperti jenis masker lainnya. Sheet mask memberi kelembaban instan pada kulit. Selain itu sheet mask diperkaya serum atau vitamin vitamin yang menutrisi kulit.

Sayangnya masker jenis ini kurang ramah lingkungan karena hanya bisa sekali pakai. Tak usah khawatir, meski belum banyak pilihan, sekarang sudah ada sheet mask dengan lembaran topeng yang lebih ramah lingkungan karena bisa terurai hanya dalam hitungan minggu.

Wash off Mask

Perawatan kulit, ritual skincare, perbedaan sheet mask, wash off mask, clay mask
Wash off mask untuk menutrisi kulit. Sumber gambar https://www.freepik.com

Sesuai namanya masker ini harus dibilas setelah selesai digunakan. Wash off mask terdiri dari beberapa jenis seperti gel mask hingga sleeping mask. Gel mask sendiri perlu dibilas setelah beberapa menit digunakan.

Sedangkan sleeping mask dapat didiamkan semalaman. Serupa tapi tak sama dengan clay mask, perbedaan keduanya terletak pada bahan aktif dan manfaat yang diberikan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id