sign up SIGN UP

SKINCARE

Perhatikan 10 Do's & Don'ts dalam Menyingkirkan Jerawat Secara Cepat

Nisrina Salsabila | Minggu, 20 Dec 2020 15:15 WIB
Perhatikan 10 Do's & Don'ts dalam Menyingkirkan Jerawat Secara Cepat
caption
Jakarta -

Jerawat sepertinya selalu muncul pada saat-saat yang kurang tepat, yaitu saat kamu tak memiliki waktu dan kesabaran untuk menunggunya hingga benar-benar sembuh. Sebagai respon, biasanya kamu memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri dan mulai memencet jerawat, berharap cara itu bisa mengatasi jerawat dengan cepat.

Menurut para ahli, banyak kesalahan umum yang harus kamu hindari dan tentunya ada strategi yang tepat saat kamu sedang terburu-buru untuk menghilangkan jerawat. Yuk, ikuti terus artikel ini untuk mengetahui Dos & Don’ts dalam melawan peradangan dan iritasi jerawat.

Do's

Beri Es Batu

Salah satu cara paling efektif untuk meredakan jerawat yang membengkak secara cepat untuk sementara adalah dengan menempelkan es batu. Bungkus es batu dengan kain tipis dan tempelkan pada jerawat selama 3-4 menit.

Beri Pasta dari Aspirin yang Dihancurkan

dos & don'ts mengatasi jerawat
Pasta aspirin bisa mengobati jerawat/Foto: Pinterest/livestrongcom/wikihow

Hancurkan aspirin dan aduk dengan beberapa tetes air, lalu oleskan langsung pada jerawat. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang direkomendasikan oleh dokter kulit. Aspirin mengandung salicylic acid yang bisa membuka sumbatan minyak pada pori-pori dan mengurangi pembengkakan.

Tetap Terapkan Daily Skincare Routine

Justru sangat dianjurkan menerapkan skincare routine saat sedang berjerawat agar keseluruhan kulit wajahmu senantiasa sehat dan terhidrasi. Pastikan kandungan pada skincare aman untuk wajah berjerawat, bersifat lembut, dan mengandung centella asiatica, niacinamide, retinol atau bahan lainnya yang bisa membantu menenangkan kulit berjerawat. Akhiri dengan mengoleskan obat jerawat.

Gunakan Makeup yang Mengandung Salicylic Acid

dos & don'ts mengatasi jerawat
Pilihan foundation yang cocok untuk kulit berjerawat/Foto: Pinterest/ultabeauty/alluremagazine & https://static-src.com

Menutup jerawat dengan makeup sah-sah saja, asalkan produk riasanmu mengandung salicylic acid yang bisa mengatasi jerawat sekaligus memberikan perlindungan. Untuk pilihan produknya, cobalah Clinique Acne Solutions Liquid Makeup, E.l.f. Cosmetics Acne-Fighting Foundation atau Bless Acne Liquid Foundation.

Pertimbangkan Konsumsi Suplemen Zinc

Dokter kulit Loretta Ciraldo, M.D menyatakan bahwa zinc terbukti dapat mengobati jerawat secara efektif lantaran mampu mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri, dan menekan aktivitas kelenjar minyak.  Selain berupa suplemen yang bisa kamu temukan di toko obat, konsumilah zinc secara alami melalui daging sapi, udang, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu, telur, kentang, dan lain-lain.

Don’ts

Jangan Memencet Jerawat

dos & don'ts mengatasi jerawat
Tahan tanganmu agar tidak memencet jerawat/Foto: Pinterest/brit

Memencet jerawat bisa menyebabkan luka trauma pada kulit dan malah meninggalkan bekas luka yang akan memakan waktu 2x lebih lama untuk menghilang. Solusinya, gunakan pimple patch serupa COSRX Acne Pimple Master Patch sebelum tidur.

Di sisi lain, menurut dermatologis Elizabeth Tanzi M.D., kamu boleh mengeluarkan jerawat besar setelah muncul whitehead yang menonjol di kulitmu. Keluarkan nanah menggunakan washlap yang dibasahi dengan air panas sebelum kamu mengaplikasikan obat jerawat.

Jangan Terlalu Membebani Area Berjerawat

Alih-alih ingin cepat sembuh, penggunaan bahan aktif seperti acid (asam) atau benzoil peroxide secara berlebihan dapat berujung pada iritasi kulit yang membuatnya bersisik dan memerah. Lebih baik gunakan bahan aktif dengan konsentrasi rendah setelah jerawatmu pecah.

Hindari Kandungan Bahan Kosmetik yang Menyumbat Pori-pori

Dermatologis Rachel Nazarian, M.D. menyarankan bahwa orang yang berjerawat sebaiknya menghindari produk kosmetik dengan kandungan mineral oil atau lanolin. Bahan-bahan ini bersifat komedogenik, artinya berkemungkinan besar untuk menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Jadi, periksa label untuk memastikan produk kosmetikmu tidak mengandung kedua bahan tersebut.

Jangan Batasi Pada Produk Skincare Saja

Selain melakukan pencegahan dan perawatan dengan produk skincare, kamu juga perlu melakukan pencegahan dengan memperhatikan hal lain yang mendekatinya. Misalnya, terkadang jerawat bisa muncul karena dipicu oleh produk rambut tertentu yang berkontak dengan kulit wajah, makanan tertentu, ponsel yang kotor atau sarung bantal dan handuk yang jarang diganti.

Jangan Stres

dos & don'ts mengatasi jerawat
Hindari stres dan periksakan ke dokter kulit bila jerawat tak kunjung membaik/Foto: Pinterest/talontedlex

Mungkin kata-kata ini lebih mudah untuk diucapkan, tetapi ini benar-benar berpengaruh pada jerawatmu. Dokter kulit Morgan Rabach, M.D. menyarankan, bila jerawatmu meningkat dari beberapa benjolan tunggal menjadi cystic acne yang persisten, pertimbangkan untuk membuat janji dengan dokter untuk pilihan pengobatan dengan resep dokter.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id