sign up SIGN UP

Populer di 2021, Bongkar Fakta Kegunaan Bunga Calendula bagi Kecantikan Wajah

Nisrina Salsabila | Sabtu, 19 Jun 2021 22:00 WIB
Populer di 2021, Bongkar Fakta Kegunaan Bunga Calendula bagi Kecantikan Wajah
caption

Bunga calendula sering disebut-sebut dalam kandungan sebuah produk perawatan wajah. Namun, kamu tahu nggak, sih, rahasia di balik bunga berwarna oranye ini?

Berasal dari daratan Mediterania (Eropa Selatan), Calendula officinalis ialah tanaman herba yang biasa digunakan dalam produk herbal dan perawatan wajah alami. Nama calendula sendiri berasal dari bahasa Latin “kalendae” yang berarti “kalender kecil” atau “hari pertama setiap bulan”, lantaran bunga beraroma segar ini dipercaya mekar pada awal bulan.

calendula
Bunga calendula sejak dulu dipercaya sebagai bahan pengobatan/Foto: Pexels.com

Bagaimana Asal-Usul Penggunaan Calendula?

Secara historis, ekstrak calendula dari daun, kelopak, dan bijinya digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Cina, bahkan hingga pengobatan Barat. Buktinya saja, kelopak calendula digunakan untuk membalut luka selama Perang Saudara Amerika dan Perang Dunia I. Sementara dalam budaya Hindu, calendula dipakai untuk menghiasi patung atau untuk pembuatan makanan, kain, dan kosmetik.

Apa Khasiat dari Calendula?

Setiap kelopak bunga calendula mengandung senyawa aktif yang secara garis besar berkhasiat memberi perlindungan antioksidan, menenangkan kulit, memperbaiki kulit, dan mengurangi ketidaknyamanan.

Lantas, apa saja manfaat bunga calendula? Simak faktanya di bawah ini.

1. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

calendula
Calendula sebagai anti peradangan dan mencegah jerawat/Foto: Pinterest.com/colleengfcf

Jerawat, rosacea, eczema, dan kulit sensitif merupakan kondisi kulit meradang. Efek menenangkan dari calendula dapat mengobatinya, loh. Bunga calendula mengandung dosis kuat senyawa flavonoid, saponin, dan triterpenoid untuk mencegah terjadinya kemerahan, nyeri, alergi, dan peradangan.

Beda dengan benzoil peroxide dan salicylic acid, calendula bersifat lembut untuk mengatasi jerawat, sehingga tak akan membuat kulitmu kering.

2. Efektif Melembapkan Kulit

Ingin wajah tampak halus, kenyal, sehat, dan bercahaya? Masukan calendula ke dalam skincare routine-mu. Kandungan linoleic acid dalam minyak atau ekstrak calendula mampu membuat sel-sel kulitmu menyerap nutrisi dan menjaga hidrasi lebih lama. So, calendula bakal bagus banget bagi pemilik kulit kering. Akhirnya, calendula pun memiliki andil sebagai anti-aging.

3. Melindungi Kulit dari Agresor Luar

calendula
Antioksidan tingginya melindungi kulit dari paparan radikal bebas/Foto: Pexels.com

Debu, polusi, dan sinar UV matahari jadi musuh utama kulit dari luar. Untungnya, kandungan flavonoid pada ekstrak calendula berfungsi sebagai antioksidan kuat. Sehingga, kulitmu akan terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, seperti munculnya garis-garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, dan kulit kusam.

4. Mampu Percepat Penyembuhan Luka

calendula
Calendula mempercepat penyembuhan luka/Foto: Pinterest.com/mvville

Selama ratusan tahun, calendula dipercaya sebagai bahan utama untuk menyembuhkan luka ringan sampai luka terbuka, berkat sifat antiseptik dan anti-mikroba. Hal ini juga terjadi lantaran calendula memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit, sehingga kulit dapat ternutrisi optimal. Jika kamu memiliki luka sayatan pasca operasi ataupun luka parut karena bekas jerawat, cobalah aplikasikan produk dari calendula.

5. Calendula dalam Produk Perawatan Wajah

Wah, ternyata calendula benar-benar powerful bagi kesehatan kulit wajah. Butuh rekomendasi skincare calendula? Berikut daftar produknya.

calendula
Produk-produk dengan kandungan calendula/Foto: Instagram.com/kiehlsid/aubree.skin/votre_peau
  • Coba gunakan rangkaian Kiehl’s Calendula Series yang terkenal jadi favorit, atau opsi lokalnya ada N'pure Marigold Series untuk mencegah penuaan dini.
  • Bhumi Calendula Oil Control Cleanser yang direkomendasikan bagi kulit berminyak dan acne prone.
  • The Aubree Skin Botanical Calendula Toner, terdapat kelopak calendula asli dan less-chemical ingredients bagi kulit sensitif.
  • Bloomka Calendula + Vitamin B3 Whitening Facial Toner, memberi efek calming sekaligus mencerahkan kulit.
  • Votre Peau Herbal Calendula Hydrating Face Toner, dengan ekstrak calendula dan pine bark.
  • The Aesthetics Skin X Dwihanda Hydra Glow Essence, untuk kulit kenyal dan super moist.
  • Mamonde Everyday Aqua Sun Cream, sunscreen dengan kandungan calendula yang melembapkan.
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id