sign up SIGN UP

SKINCARE

Praktis Banget, Ini Dia 5 Macam Peeling Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah!

Annisa Nugrahe | Rabu, 30 Jan 2019 02:40 WIB
Praktis Banget, Ini Dia 5 Macam Peeling Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah!
caption
Peeling wajah merupakan kegiatan perawatan wajib yang hampir dilakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah. Di pasaran, banyak beredar berbagai macam merekproduk peeling wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Namun, terkadang peeling yang beredar di pasaran banyak mengandung bahan-bahan kimia. Kamu tidak perlu khawatir, karena ternyata peeling wajah bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami, lho! Penasaran untuk mencobanya? Yuk, simak ulasan dan cara membuatnya berikut ini!

Peeling Tomat


Selain untuk dikonsumsi, tomat bisa digunakan untuk peeling alami. Buah tomat adalah salah satu jenis tanaman yang kaya akan kandungan vitamin E yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati maupun penyebab flek hitam pada wajah. Nah, penasaran bagaimana cara pernggunaannya?

Pertama, siapkan satu atau lebih buah tomat segar dan cuci dengan air bersih. Belah tomat menjadi beberapa bagian dan langsung oleskan pada wajah secara merata. Biarkan meresap pada kulit selama kurang lebih 45 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Mungkin beberapa pemakaian akan merasakan kulit gatal hingga perih. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut merupakan reaksi alami dalam penggunaan peeling tomat.


Foto: https://glowpink.com/

Peeling Kentang


Pernah mendengar peeling wajah menggunakan kentang? Kentang memang biasa digunakan untuk konsumsi karena termasuk dalam golongan umbi-umbian. Kandungan antioksidannya, ternyata bisa membantu kulit wajah mengurangi flek hitam penyebab kulit menjadi kusam. 
Yuk, segera praktekkan cara membuat peeling kentang berikut!

Pertama siapkan kentang yang dikupas secara bersih dan dibilas dengan bersih. Rebus kentang hingga matang dan haluskan. Campurkan kentang yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun lalu diaduk. Oleskan peeling kentang ke wajah dan biarkan hingga 1,5 jam. Setelah selesai, basuh muka dengan air hangat.


Foto: https://stylesatlife.com/

Peeling Lidah Buaya


Bagi sebagian orang pasti mengenal lidah buaya untuk membantu menebalkan rambut. Ternyata, lidah buaya juga dapat mengontrol melanain yang menyebabkan wajah tampak cerah. Kandungan zat aleosin ini yang biasanya dipakai sebagai bahan skincare salah satunya peeling alami berikut ini.

Caranya, siapkan 1 buah lidah buaya, lalu pisahkan dengan kulitnya. Gelnya dioleskan dan diratakan ke wajah kurang lebih 30 menit. Setelah selesai, basuh menggunakan air bersih.



Foto: https://d216r8dvs9k781.cloudfront.net/

Peeling Beras


Beras tak hanya untuk konsumsi harian saja. Beras mengandung Asam Ferulic dan Allantonin yang bagus melindungi kulit dari kekusaman. Nah, untuk membuat peeling beras, kamu hanya perlu menggunakan air rendamannya saja. Air rendaman beras yang berwarna putih tersebut oleskan pada wajah hingga merata selama 20-30 menit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air dingin. Peeling ini bisa dilakukan saat bangun tidur di pagi hari.


Foto: https://images-na.ssl-images-amazon.com/

Peeling Putih Telur


Meski memiliki aroma amis, putih telur kaya akan kandungan proteinnya. Kandungan tersebut mampu membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati. Mungkin di Indonesia, penggunakan masker putih telur masih termasuk jarang, namun di Jepang dan Korea masker ini menjadi salah satu favorit pilihan peeling dengan bahan alami. Nah, cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan putih telur ayam kampung dengan jumlah sesuai kebutuhan.

Tempatkan putih telur pada wadah bersih. Gunakan kuas untuk meratakannya pada wajah. Gunakan masker peeling ini pada malam hari sebelum tidur. Keesokan harinya, cuci wajah dengan air hangat hingga bersih. Kamu bisa memakai peeling putih telur sebanyak dua kali dalam seminggu.


Foto: https://www.pexels.com/photo/person-peeling-the-egg-1266004/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id