sign up SIGN UP

SKINCARE

Punya Kulit Kombinasi? Ini Perawatan yang Tepat Untukmu!

Sylvia Yuliasar | Minggu, 30 Aug 2020 07:00 WIB
Punya Kulit Kombinasi? Ini Perawatan yang Tepat Untukmu!
caption

Punya kulit kombinasi memang gampang-gampang susah. Area T-zone berminyak sementara bagian wajah lainnya kering banget. Terus bagaimana ya cara merawat kulit kombinasi yang tepat?

Merawat kulit tak bisa hanya dari luar saja melainkan juga harus dari dalam, terutama dalam untuk si kulit kombinasi. Berikut langkah perawatan tepat untuk para pemilik kulit kombinasi. Let’s check this out, Ladies!

Perawatan dari dalam

Makan makanan sehat seimbang bisa membuat kulit lebih sehat
Ilustrasi wanita memakan makanan sehat/ www.pexels.com

Kamu adalah apa yang kamu makan. Pepatah itu pas banget karena tak hanya untuk kesehatan tubuh, kulit yang sehat berseri pun didapatkan dari pola makan sehat seimbang.


Kulit kombinasi membutuhkan nutrisi esensial seperti vitamin A, C, E dan juga beberapa kandungan mineral seperti selenium dan zinc. Nutrisi-nutrisi tersebut mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit guna memperbaiki dan membangun kolagen.

Selain itu, sebagai pelindung, kulit membutuhkan penghalang berupa minyak alami. Si pemilik kulit kombinasi biasanya mendapati kulit kering di luar T-zone. Untuk itu, asam lemak esensial bisa membantu melindungi kulit.

Namun, ini tidak instan ya, Ladies! Dibutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan dari luar

Perawatan dari luar untuk si kulit kombinasi
Ilustrasi wanita menggunakan serum/ www.pexels.com

Nah, ini saatnya untuk membahas perawatan dari luar. Karena uniknya kulit wajah kombinasi, kamu memerlukan produk perawatan yang didesain untuk kulit kombinasi.

Oh iya, karena daerah T wajahmu berminyak maka rentan sekali untuk muncul komedo hingga jerawat. Nah, kamu perlu cleanser yang dapat membuat pori-pori guna membersihkan segala kotoran dengan maksimal. Di sini, kamu bisa menggunakan sabun anti bakteri.

Kemudian, pilih pelembap non-comedogenic dan bebas minyak agar tidak menyumbat pori wajahmu. Namun pastikan pelembap tersebut tetap efektif menghidrasi area kulit kering kamu.

Gunakan toner pada bagian yang berminyak saja untuk mengurangi kelebihan minyak di daerah tersebut. Sementara di luar T-zone, kamu bisa menggunakan masker gel yang bisa menjaga kelembapan kulit.

Tips

Mencuci wajah terlalu sering malah memperparah kondisi kulitmu, lho!
Ilustrasi mencuci wajah/ www.pexels.com

Jangan mencuci wajah terlalu sering juga ya. Meski area T-zone mu terasa sangat berminyak, mencuci wajah lebih dari tiga kali sehari malah akan memperparah area kulit kering juga memicu kulit memproduksi minyak berlebih. Selain itu, hindari juga penggunaan krim pelembap yang tebal karena akan menyebabkan pori-pori kulit bisa tersumbat. Malah jadi bakal komedo nantinya.

Itu dia sederet tips perawatan kulit kombinasi yang bisa kamu coba di rumah. Semoga tips di atas bisa membantu ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id