sign up SIGN UP

SKINCARE

Punya Segudang Manfaat, Inilah 5 Khasiat Tamanu Oil untuk Kecantikan

Lulu Lukyani | Jumat, 02 Apr 2021 07:30 WIB
Punya Segudang Manfaat, Inilah 5 Khasiat Tamanu Oil untuk Kecantikan
caption
Jakarta -

Tamanu oil atau minyak tamanu merupakan ekstrak dari biji pohon kacang tamanu. Selama ratusan tahun, tamanu oil sudah digunakan untuk pengobatan di Asia hingga Afrika.

Selain itu, tamanu oil juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, seperti mengatasi jerawat yang meradang hingga menghilangkan bekas jerawat. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat tamanu oil untuk kecantikan:

1. Mengatasi jerawat

Ilustrasi kulit berjerawat.
Ilustrasi kulit berjerawat/Freepik

Berdasarkan sebuah studi, tamanu oil terbukti menunjukkan sifat antibakteri dan penyembuhan luka terhadap strain bakteri dalam jerawat.

Bukti lain memperlihatkan sifat antiinflamasi dalam tamanu oil. Dengan demikian, tamanu oil dinilai ampuh untuk membantu mengobati jerawat yang meradang.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Ilustrasi kulit berjerawat.
Ilustrasi kulit berjerawat/Freepik

Sejumlah studi berhasil menunjukkan bahwa tamanu oil mampu menyembuhkan luka dan membantu regenarasi kulit.

Tamanu oil terbukti mampu meningkatkan proliferasi sel dan produksi komponen tertentu pada kulit, termasuk kolagen dan glikosaminoglikan, yang penting untuk penyembuhan luka.

3. Mengatasi kulit kering

Ilustrasi kulit kering.
Ilustrasi kulit kering/Freepik

Selain menggunakan body lotion, kulit kering juga bisa diatasi dengan tamanu oil. Minyak ini memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga mampu melembapkan kulit.

Sebagaimana penggunaan body lotion, oleskan tamanu oil pada kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengatasi gejala penuaan dini

Ilustrasi penuaan dini.
Ilustrasi penuaan dini/Freepik

Tamanu oil merupakan bahan aktif yang banyak digunakan dalam produk skincare, salah satunya dalam krim antiaging. Minyak ini kaya akan asam lemak yang membantu kulit tetap lembap.

Selain itu, antioksidan dalam tamanu oil mampu melawan radikal bebas yang merusak kulit. Kemampuan tamanu oil dalam meningkatkan produksi kolagen juga berperan penting untuk regenerasi kulit. Sebuah studi in-vitro di tahun 2009 menemukan bahwa tamanu oil mampu menyerap sinar UV dan menghambat 85 persen kerusakan DNA yang disebabkan oleh radiasi sinar UV.

5. Menghilangkan stretch mark

Ilustrasi stretch mark.
Ilustrasi stretch mark/Freepik

Sebagaimana bekas jerawat, tamanu oil juga banyak digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Pasalnya, tamanu oil mengandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi.

Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tamanu oil dalam menghilangkan stretch mark.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id