sign up SIGN UP

SKINCARE

Rambut Keriting Anti-kusut dengan Perawatan Rambut Keriting Ini!

Munjidah Hamsa | Minggu, 16 Aug 2020 06:00 WIB
Rambut Keriting Anti-kusut dengan Perawatan Rambut Keriting Ini!
caption
Jakarta -

Punya rambut keriting memang membutuhkan perawatan ekstra untuk bisa mempertahankan bentuk dan keindahannya. Kamu jangan minder punya rambut keriting karena dengan perawatan yang tepat, rambutmu bakal lembut, anti-kusut, dan bouncy. Simak tipsnya ya, Ladies!

Selektif Pilih Sampo

Gunakan sampo non-sulfate agar rambut keriting tidak mudah kering.
Cuci rambut keriting dengan teratur/ sumber: freepik.com

Punya rambut keriting, ngga bisa sembarangan pilih sampo untuk mencuci dan merawat rambut ya. Rambut keriting sangat rawan kering. Kalau kamu pilih sampo dengan kandungan sulfate yang berdeterjen banyak akan membuat rambut jadi mudah kering. Jadi, kamu bisa pilih sampo non-sulfate dengan kandungan herbal yang sekarang telah banyak hadir di pasaran agar kelembapan rambut keriting tetap terjaga.

Wajib Pakai Kondisioner

Perawatan rambut keriting wajib menggunakan kondisioner rambut.
Wajib beli kondisioner rambut/ sumber: freepik.com

Kunci dari rambut keriting yang tetap lembut, anti-kusut, dan bouncy adalah dengan menjaga kelembapan rambut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kondisioner setelah keramas agar kelembapan rambut kembali setelah hilang oleh sampo dan air. Pastikan untuk menggunakan kondisioner yang tidak mengandung silikon karena penggunaan kondisioner dengan kandungan silikon berkali-kali akan rawan merusak rambut.

Say No to Hairdryer

Keringkan rambut keriting menggunakan handuk lembut secara perlahan.
Mengeringkan rambut dengan handuk/ sumber: freepik.com

Punya rambut keriting wajib tahu juga cara mengeringkan rambut yang aman agar rambut tidak makin kering dan rawan kusut. Cara mengeringkan rambut yang tepat adalah dengan mengeringkannya tanpa hair dryer. Panas dari hairdryer akan membuat rambut jadi sangat kering dan mengembang sehingga mudah kusut. Untuk itu, sebaiknya rambut dikeringkan dengan cara ditepuk perlahan dengan handuk lembut dan disisir dalam kondisi setengah basah.

Gunakan Sisir Bergigi Jarang dan Besar

Sisirlah rambut keriting dengan sisir atau hair brush bergigi jarang dan besar.
Sisir dan hair brush bergigi jarang dan besar/ sumber: freepik.com

Rambut keriting sangat mudah kusut. Untuk itu sebaiknya kamu menggunakan sisir atau hair brush bergigi jarang agar tidak banyak rambut yang tersangkut gigi sisir hingga patah. Jika memang rambut terlihat mulai berantakan di tengah atau sore hari, gunakan jemari untuk merapikan dan menyisir rambutmu.

Sisir juga rambutmu sebelum tidur dan oleskan hair oil agar saat bangun dan bersiap beraktivitas, rambut tidak seberapa kusut dan mudah dirapikan.

Berteman dengan Srunchie

Kuncir rambut keriting menggunakan scrunchie.
Scrunchie rambut/ sumber: freepik.com

Rambut keriting juga ternyata mudah patah. Oleh karena itu, kuncirlah rambut dengan karet rambut yang tebal dan tidak seberapa ketat berbahan karet atau kain elastis sepertiĀ scunchie yang lagi populer sekarang ini. Jika butuh menguncir rambut, gulunglah rambut dan jangan diikat terlalu erat agar tekstur keriting di rambutmu tetap terjaga bentuknya.

Rawat Ekstra dengan Masker Rambut dan Vitamin Rambut

Rutin menggunakan masker rambut dan vitamin rambut.
Vitamin rambut/ sumber: freepik.com

Agar rambutmu tetap punya kelembapan ekstra, ada baiknya beberapa kali dalam sebulan kamu rawat dengan menggunakan hair mask dan hair vitamin. Masker rambut dan vitamin rambut akan menjaga batang rambut tetap kuat sehingga tidak mudah rontok dan patah. Sebaiknya gunakan dua minggu atau minimal sebulan sekali.

Wah, ternyata rambut keriting bisa tetap cantik, indah, dan mudah diatur jika dirawat dengan langkah-langkah di atas ya. So, pastiin buat merawat rambut dengan cara-cara tadi ya, Beautynesian!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id