sign up SIGN UP

SKINCARE

Ramuan Madu Alami Ini Wajib Dicoba Untuk Perawatan Wajah di Rumah

Intan Dwi | Sabtu, 18 Apr 2020 02:00 WIB
Ramuan Madu Alami Ini Wajib Dicoba Untuk Perawatan Wajah di Rumah
caption
Madu telah menjadi pilihan pemanis alami yang lebih sehat dibandingkan gula pasir atau pemanis buatan. Namun, tak hanya dikonsumsi, ternyata manfaat madu untuk wajah juga tidak kalah menarik perhatian.

Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat atau kering, kini tidak perlu cemas lagi. Madu bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah wajahmu yang satu ini. Berikut cara-caranya:
 


Mengatasi Jerawat


Foto: Istimewa

Jika masalah yang sering kamu hadapi adalah jerawat, kamu bisa mengandalkan madu untuk dijadikan masker. Selain mengandung antioksidan, madu juga mengandung antiseptik dan antibakterial. Kandungan inilah yang membuatnya masuk ke dalam daftar ramuan yang bisa membantumu dalam mengatasi jerawat.

Caranya, campurkan madu dengan bubuk kayu manis, lalu bilas muka kamu terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit. Oleskan madu ke bagian wajah kamu, diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas lagi dengan air hangat. Jika menginginkan hasil yang maksimal, gunakanlah secara rutin. 
 


Melembapkan Kulit Wajah yang Kering


Foto: Istimewa

Tidak hanya bagus untuk kamu yang memiliki wajah berjerawat, kulit kering juga bisa kamu atasi dengan menggunakan masker madu. Karena madu memiliki kandungan yang dapat mengikat air sehingga wajah akan semakin lembap.

Caranya, cukup dengan mengolesi wajahmu dengan menggunakan masker madu. Kemudian bilas dengan air dingin, lalu tepuk perlahan dengan handuk lembut. Ingat, sebelum mengoleskan madu, selalu basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
 


Mencerahkan Wajah yang Kusam


Foto: Istimewa

Kulit kusam tentu membuatmu kurang percaya diri. Kini saatnya kamu mengatasi kulit kering dan kusam dengan masker madu alami. Kamu dapat menggunakan masker untuk wajah kusam berupa campuran madu, alpukat dan yoghurt. Kamu bisa menggunakan masker ini beberapa kali dalam seminggu dengan aman karena bahan-bahan dan dampaknya bersifat lembut terhadap kulit wajah.

Caranya, campurkan satu sendok teh madu murni, satu sendok teh alpukat yang telah dilumatkan, dan satu sendok teh yoghurt murni. Oleskan campuran pada wajahmu secara merata dan diamkan selama maksimal 30 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin.
 


Mencegah dan Mengatasi Kerutan Kulit di Wajah


Foto: Istimewa

Sebuah studi menunjukkan efek madu terhadap kulit. Salah satu yang disebutkan adalah menghambat terbentuknya kerutan pada kulit wajah. Kabar ini tentu baik bagi kamu yang ingin mencegah terjadinya penuaan dini. Memang, cara menghilangkan kerutan di wajah tidak bisa hanya melibatkan penggunaan masker alami seperti madu. Tapi tidak ada salahnya lho kalau kamu melakukan perawatan alami ini.

Caranya, kombinasikan madu dengan bahan lain seperti susu, pepaya, alpukat dan yogurt. Penggunaan masker ini tidak boleh lebih dari 30 menit.  Selain itu, kamu juga bisa memijat wajah perlahan sambil mengaplikasikan masker.
 


Melembapkan Bibir yang Kering dan Merawat Bibir yang Menghitam


Foto: Istimewa

Selain diaplikasikan untuk kulit wajah, ternyata madu juga bisa kamu aplikasikan di bibir kamu. Karena bibir hitam, kering hingga pecah-pecah tentu dapat mengganggu penampilan wajah cantik kamu. Madu dapat melembapkan bibir, mengurangi rasa perih akibat luka pada bibir yang terlalu kering. Selain itu, madu juga bisa membantu mencegah infeksi bakteri pada bibir pecah-pecah.

Caranya, buat scrub yang terbuat dari madu, gula pasir, dan minyak kelapa untuk mengembalikan rona merah bibir. Nah, untuk melembapkan bibir coba oleskan masker madu alami pada bibir semalaman.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id