sign up SIGN UP

SKINCARE

Rekomendasi Face Oil Sesuai Jenis Kulit dari Youtuber Liah Yoo

Friska NR | Kamis, 05 Nov 2020 19:30 WIB
Rekomendasi Face Oil Sesuai Jenis Kulit dari Youtuber Liah Yoo
caption

Seiring dengan berkembangnya tren skincare natural, face oil menjadi salah satu produk berbahan alami yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Produk ini menjadi primadona di kalangan pemilik kulit kering karena mampu melembabkan dan menutrisi kulit secara optimal. Meski begitu, face oil juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak.

Youtuber Liah Yoo termasuk salah satu beauty enthusiast yang jatuh cinta dengan khasiat face oil untuk wajah. Melalui channel Youtube-nya, ia juga memberikan tips memilih face oil yang tepat sesuai jenis kulit beserta rekomendasi produknya.

Memilih Face Oil yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Tips memilih face oil.
Foto: instagram.com/liahyoo

Face oil memiliki kandungan fatty acid yang disebut Oleic Acid dan Linoleic Acid. Saat memilih face oil untuk kulit, kita perlu memerhatikan kadar Oleic Acid dan Linoleic Acid-nya sebagai penentu apakah face oil yang kita pilih sesuai untuk jenis kulit kita.

Sebab, kulit sejatinya memiliki kandungan minyak alami yang tersusun atas ceramides, kolesterol dan fatty acid. Menurut studi, kulit kering memiliki kadar Oleic Acid yang rendah sehingga produk face oil yang paling tepat adalah yang memiliki kadar Oleic Acid lebih tinggi dibanding kandungan Linoleic Acid-nya. Face oil ini cenderung memiliki tekstur yang terasa thick, greasy dan melembabkan di kulit.

Memilih face oil sesuai jenis kulit.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Sebaliknya, kulit berminyak kekurangan kadar Linoleic Acid alaminya sehingga produk face oil dengan kandungan Linoleic Acid tinggi adalah pilihan yang tepat. Face oil jenis ini bertekstur sangat ringan dan cepat meresap serta tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

Nah setelah mengetahui cara memilih face oil yang tepat, berikut rekomendasi produk face oil dari Liah Yoo untuk masing-masing jenis kulit!

1. Kulit Normal : Squalane Oil

Face oil untuk kulit normal.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Squalane oil merupakan salah satu face oil yang memiliki karakteristik serupa dengan minyak alami wajah sehingga mudah terserap dan tidak bersifat menyumbat pori. Minyak ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan dikenal baik dalam menghidrasi kulit, menjadikannya lebih halus dan kenyal, serta menjadi satu-satunya face oil yang tidak memperparah kondisi kulit saat mengalami fungal acne.

2. Kulit Berminyak: Grapeseed Oil

Face oil untuk kulit normal.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Grapeseed oil merupakan face oil yang dikenal tinggi kandungan linoleic acid sehingga baik untuk kulit berminyak. Selain itu, grapeseed oil juga mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan peradangan atau jerawat di kulit, serta kaya  akan kandungan antioksidan.

3. Kulit Berjerawat: Hempseed Oil dan Rosehip Oil

Face oil untuk kulit berjerawat.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Hempseed oil sangat populer di kalangan pemilik kulit berjerawat karena tinggi kandungan anti-inflamasi dan dapat menyeimbangkan kadar minyak di kulit. Face oil ini juga dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat, memperbaiki tekstur kulit dan mengatasi bruntusan.

Face oil untuk kulit berjerawat.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Selain hempseed oil, rosehip oil yang tinggi kadar Linoleic Acid juga dapat dijadikan pilihan untuk pemilik kulit berjerawat. Minyak alami ini juga baik untuk merawat mature skin karena kaya vitamin A yang dapat membantu melawan munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

4. Kulit Kering: Avocado Oil

Face oil untuk kulit normal.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Avocado oil sangat tinggi kandungan vitamin E yang dapat membantu regenerasi kulit serta kaya akan antioksidan. Minyak ini memiliki kadar Oleic Acid yang lebih tinggi sehingga memiliki tekstur yang thick dan sangat melembabkan untuk kulit kering.

Face oil untuk kulit kering.
Foto: youtube.com/Liah Yoo

Face oil lain yang dapat kamu pilih untuk kulit kering adalah Marula oil yang dapat melembabkan kulit secara optimal hingga lapisan kulit terdalam. Face oil ini juga cocok digunakan untuk kulit sensitif karena memiliki kandungan yang dapat membantu menenangkan iritasi. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id