sign up SIGN UP

SKINCARE

Serba-Serbi Skincare Routine untuk Leher, Jangan Sampai Skip!

Henny Alifah | Rabu, 24 Mar 2021 15:30 WIB
Serba-Serbi Skincare Routine untuk Leher, Jangan Sampai Skip!
caption

Bagi banyak orang, pakai skincare cukup berhenti sampai di garis rahang dan body care dimulai dari bagian dada. Sementara bagian leher yang berada di tengah-tengahnya biasanya terlewat begitu saja. Jika kamu termasuk ke dalam golongan ini, baiknya sekarang mulai mempertimbangkan pemakaian skincare di bagian leher.

Apa perlunya skincare leher?

Area leher juga perlu mendapat perawatan rutin sebagaimana kulit wajah
Skincare Leher/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Bagian leher seringkali menjadi salah satu area pertama tubuh yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Leher yang terekspos bernasib sama seperti wajah, yaitu terkena efek buruk dari sinar UV setiap hari. Itulah mengapa area ini termasuk yang paling awal muncul kerutan hingga lipatan horizontal.

Ini masih ditambah pula dengan fenomena tech-neck yang muncul seiring kebiasaan menunduk terlalu lama di depan layar smartphone, yang mana menyebabkan nyeri, kaku, sampai keluhan kulit kendur dan kerutan.

Karena itulah perawatan dini jadi kunci untuk mengatasi tanda-tanda penuaan di leher, agar kerutan tak semakin dalam. Kamu tak tak harus menerapkan skincare routine hingga delapan atau sepuluh langkah untuk merawat kulit leher, tetapi yang pasti adalah harus ada sedikit perhatian pada area sensitif ini jika kamu mau menghindari timbulnya kerutan dini.

Lalu, apa saja produk skincare yang sebaiknya digunakan di leher?

Sebagai permulaan, gunakan tabir surya

Pakai tabir surya di area leher
Skincare Leher/ Foto: Pexels.com/Victoria Borodinova

Penting untuk selalu mengoleskan tabir surya ke leher, sebagaimana yang kamu lakukan di wajah. Itu karena paparan sinar matahari adalah penyebab nomor satu penuaan dini dan kerutan. Kamu tidak harus menggunakan tabir surya khusus untuk area ini. Menggunakan tabir surya wajah untuk leher sudah lebih dari cukup, selama setidaknya mengandung SPF 30. Upayakan untuk reapply setiap 2-3 jam.

Jangan lupa bersihkan area leher

Bersihkan juga makeup di leher
Skincare Leher/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Jika kamu memakai makeup setiap hari dan membaurkan produk hingga ke leher, berarti kamu juga perlu untuk membersihkan area tersebut secara khusus. Sama seperti wajah, kamu enggak mau meninggalkan riasan di leher semalaman, kan? Untuk pembersih leher, bisa gunakan tisu riasan, wash lap basah, atau pembersih wajah yang biasa kamu pakai.

Pakai serum

Pakai juga serum di leher
Skincare Leher/ Foto: Pexels.com/Pavel Danilyuk

Kebanyakan serum wajah juga dapat dioleskan ke leher, termasuk produk yang mengandung vitamin C dan hyaluronic acid. Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kolagen di kulit dan memperbaiki garis-garis halus serta kerutan. Namun tetaplah berhati-hati dengan produk yang dikemas dalam formula yang lebih keras karena kulit di area leher lebih tipis dan lebih sensitif daripada kulit wajah.

Dan, jangan lupa gunakan pelembap

Bisa gunakan pelembap wajah atau krim khusus leher
Skincare Leher/ Foto: Pexels.com/Polina Kovaleva

Last but not least, oleskan pelembap ke area leher. Jika kamu mencari pelembap atau krim yang diformulasikan secara khusus untuk leher, kini sudah ada banyak krim leher yang beredar di pasaran.

Misalnya, kamu bisa coba Olay Total Effects Night Firming Cream for Face & Neck, It Cosmetics Confidence in A Neck Cream Anti-Aging Moisturizer, dan Tarte Maracuja Neck Treatment. Atau, produk Korea seperti Innisfree Soybean Firming Neck Cream dan Sulwhasoo Firming Neck Cream. Dan juga, produk lokal seperti Erha Truwhite Activator Neck Cream.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id