sign up SIGN UP

Sering Dialami oleh Remaja, Ketahui Masalah Kulit Keratosis Pilaris atau Chicken Skin

Nisrina Salsabila | Minggu, 03 Oct 2021 10:00 WIB
Penyebab Keratosis Pilaris

Penyebab Keratosis Pilaris

Apa Penyebab Munculnya Keratosis Pilaris?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keratoris pilaris terjadi akibat penebalan keratin yang menghalangi lubang pori tempat folikel rambut.

Tips mengaplikasikan eyeshadow untuk kulit sawo matang/Foto: Freepik.com/LookstudioIlustrasi masalah kulit./Foto: Freepik.com/Lookstudio/ Foto: Justina Nur

Para ahli belum mengetahui penyebab pasti penumpukan keratin, tetapi hal itu diduga berkaitan dengan faktor genetik. Kemudian, orang yang memiliki kondisi kulit kering, kulit sensitif, eczema, dan orang obesitas juga rentan mengalaminya.

Tips Mengatasi Keratosis Pilaris

Menurut dermatologis Doris Day, MD, kita tidak bisa membasmi keratosis pilaris, karena berkaitan dengan kondisi genetik. Pada kebanyakan kasus pun kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Mandi dengan air panas dalam waktu yang lama ternyata bisa membuat kulit menjadi rusakIlustrasi merawat kulit. (Foto: Freepik/ Lifeforstock)/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Kalau kamu mau cara yang cepat, minta bantuan dokter kulit terpercaya untuk melakukan perawatan laser. Biaya yang dibutuhkan mungkin relatif besar, mengingat butuh beberapa sesi terapi.

Meski demikian, ada beberapa perawatan yang dapat kamu coba untuk melunakkan tumpukan keratin dan mengurangi tampilannya. Seperti eksfoliasi, menggunakan krim retinol, menggunakan sabun mild dan pelembab tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 


Our Sister Site

mommyasia.id