sign up SIGN UP

SKINCARE

Sering Diragukan: Apakah Kulit Wajah yang Berminyak Masih Memerlukan Pelembap?

Cynthia Claudia | Selasa, 01 Jun 2021 22:00 WIB
Sering Diragukan: Apakah Kulit Wajah yang Berminyak Masih Memerlukan Pelembap?
caption

Penggunaan moisturizer bagi kalian yang punya jenis kulit berminyak pada umumnya masih sering diragukan. Kalian cenderung merasakan bahwa kulit kalian sudah lembap dengan sendirinya karena tekstur kulit yang tidak kering dan terasa segar/ terhidrasi, maka penggunaan pelembap sepertinya tidak perlu lagi.  

Nah, kalian yang punya jenis kulit berminyak biasanya malah merasakan hal yang tidak diinginkan ketika memakai pelembap. Kulit akan terasa lebih berminyak daripada sebelumnya setelah pemakaian pelembap dalam kurun waktu 1-2 jam. Akibatnya, kalian jadi sering beranggapan bahwa pelembap sebaiknya tidak perlu digunakan bagi jenis kulit berminyak untuk menghindari produksi minyak berlebih. Asumsi ini ternyata tidak tepat lho!

Kulit jenis apa pun, termasuk kulit berminyak, faktanya tetap memerlukan pelembap. Kulit wajah setiap hari akan kehilangan kandungan airnya ketika beraktivitas outdoor maupun indoor. Apalagi jika terpapar polusi, bakteri, dan radikal bebas sehingga menjadi kering dan kusam. Untuk menghindari dehidrasi pada kulit wajahmu, tentunya pelembap harus sering dipakai untuk melindungi kulit dan menjaganya agar tetap sehat, cerah dan terhidrasi sepanjang hari.

Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih pelembap wajah yang cocok dengan kulit berminyak agar kulit kita tidak semakin berminyak?

Ciri-ciri Moisturizer untuk Kulit Berminyak

1. Bersifat Oil-free dan Non-comodogenic

Contoh pelembap wajah
Contoh Pelembap Wajah/ sumber: pexels.com

Serangkaian skincare untuk kulit berminyak bukan hanya pelembap, melainkan cleanser, toner, hingga serum tetap disarankan untuk memilih yang bebas minyak. Hal ini agar mencegah terjadinya kandungan minyak berlebih pada kulit wajah yang dapat menyumbat pori-pori.

Pastikan juga rangkaian skincare-mu bersifat non-comedogenic yang artinya memiliki tekstur gentle dan lebih sedikit mengandung minyak. Skincare seperti ini aman untuk kulitmu yang berminyak dan sedang sensitif karena tumbuhnya jerawat.

2. Bahan Dasarnya Air

Bahan Dasar Air
Bahan Dasar Air/ sumber: freepik.com

Pilih pelembap wajah yang berbahan dasar air seperti yang bertekstur lotion/ gel, bukan cream/ ointment. Pelembap yang memiliki tekstur lotion dan gel cenderung lebih mudah menyerap untuk kulit berminyak dan terasa ringan saat digunakan. Sementara yang bertekstur cream/ ointment komposisinya mengandung lebih banyak minyak. Pastinya kita mau menghindari kelebihan minyak pada wajah, so it’s definitely a no for cream and ointment type!

3. Memiliki Kandungan yang Tepat

Kandungan Skincare
Kandungan Skincare/ sumber: freepik.com

Kulit dengan minyak yang berlebih akan lebih rentan terhadap pertumbuhan jerawat dan produksi komedo. Pastikan kandungan pelembapmu juga aman untuk kulit wajah yang berjerawat. Dikutip dari Female Daily, pilih pelembap dengan kandungan retinol, salicylic acid, hyaluronic acid, dan niacinamide yang aman untuk kulit wajah berjerawat.

Ingat bahwa ketika kalian memilih pelembap yang tepat untuk kulit berminyak, maka kulit wajahmu akan terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Kelembapan pada kulit ini yang akhirnya membuat kelenjar minyak tidak memproduksi minyak berlebih dan produksi minyak pun tetap terjaga. Hasilnya, kulit wajah akan tetap sehat dan bebas dari pertumbuhan jerawat.

Jangan lupa cek label komposisi produknya ya sebelum kalian mulai beli pelembap!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id