sign up SIGN UP

SKINCARE

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Kandungan Bakuchiol?

Siti Mukaromah | Selasa, 16 Feb 2021 16:01 WIB
Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Kandungan Bakuchiol?
caption

Baru-baru ini dunia skincare di Indonesia kembali dihebohkan oleh satu bahan yang menyerupai asam retinoat atau retinol. Adalah bakuchiol, tanaman babchi atau Psoralea Corylifolia mengandung minyak, babchi oil, yang digunakan untuk menyembuhkan permasalahan kulit sejak tahun 1900an.

Tidak hanya menjadi bahan obat kulit tradisional Tiongkok, pengobatan Ayurvedic dari India juga menggunakan babchi oil yang didapatkan dengan proses panjang yang disebut Snehapaak. Manfaatnya sama seperti retinol, untuk mendorong produksi kolagen sehingga garis halus dan kerutan berkurang. Karena manfaat dan hasilnya yang menyerupai retinol, kandungan ni dianggap sebagai bahan alternatif pengganti retinol.

Namun, siapa saja ya yang bisa menggunakan kandungan ini?

Ibu Hamil dan Menyusui

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Hamil Muda/freepik.comIni yang Harus Diperhatikan Saat Hamil Muda/freepik.com

Bakuchiol aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Dikutip dari laman conveteur.com bakuchiol berasal dari tanaman bachi dan meniru Vitamin E dengan memperbaiki dan melembapkan kulit rusak. Tak hanya itu, bakuchiol juga memiliki sifat anti-bakteri yang kuat sehingga mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Menurut Dr. Alexiades bakuchiol mengandung terpenoid yang tidak memiliki kemiripan struktural dengan retinol tapi telah dilaporkan memiliki efek serupa pada ekspresi gen dan secara klinis sebanding dengan retinol dalam pengurangan keriput dan photo-aging.

Kulit Kering dan Sensitif

Cover Dry Skin Foto:google/freepikCover Dry Skin Foto:freepik

Lain dengan retinol yang memiliki efek yang membuat kulit kering dan iritasi karena kandungan bahan aktif yang sangat kuat sehingga tidak dianjurkan untuk kulit sensitif atau kering, bahkan jika salah penggunaan justru akan membuat skin barrier kita rusak sehingga harus hati-hati dalam penggunaannya. Bakuchiol ini cukup aman digunakan oleh jenis kulit ini.

Selain bekerja untuk mengatasi masalah penuaan, bakuchiol juga dapat meratakan warna kulit. Karena bahannya yang alami, teksturnya ringan dan mudah menyerap di kulit. 

Jadi, untuk semua Ladies diharapkan tetap berhati-hati dalam memilih dan menggunakan skincare ya, agar tetap mendapatkan hasil yang diinginkan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id