sign up SIGN UP

SKINCARE

Simak 4 Manfaat Kecantikan dari Air Cucian Beras, Jangan Langsung Dibuang!

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 06 Oct 2020 13:00 WIB
Simak 4 Manfaat Kecantikan dari Air Cucian Beras, Jangan Langsung Dibuang!
caption
Jakarta -

Ketika selesai mencuci beras, kebanyakan orang lebih memilih untuk langsung membuang airnya. Padahal, air cucian beras memiliki banyak sekali manfaat lho! Salah satunya adalah mampu merawat kecantikan kulit wajah. Penasaran apa saja khasiat yang bisa kamu dapatkan dari air cucian beras ini? Yuk langsung simak 4 manfaatnya berikut ini!

Mengecilkan Pori-Pori

Air cucian beras memiliki sifat astringen yang membuatnya mampu digunakan sebagai toner. Toner ini dapat memberikan manfaat untuk mengecilkan pori-pori dan membuat kulit menjadi lebih halus.
Air Cucian Beras/freepik.com

Pernahkah kamu mencoba membuat toner dari air cucian beras? Air cucian beras memiliki sifat astringen yang membuatnya mampu digunakan sebagai toner. Toner ini dapat memberikan manfaat untuk mengecilkan pori-pori dan membuat kulit menjadi lebih halus. Cara untuk mengaplikasikannya cukup dengan mencelupkan bola kapas ke dalam air beras. Setelah air meresap pada kapas, tepuk-tepuk kapas tersebut ke seluruh wajah dan leher. Mudah kan?


Mencerahkan Kulit

Berkat kandungan antioksidan yang tinggi termasuk vitamin A, C, senyawa flavonoid dan fenolik pada air cucian beras, kulitmu pun bisa kembali cerah.
Air Cucian Beras/freepik.com

Memiliki kulit yang kusam tentu bikin jadi enggak percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang yang enggak segan mengeluarkan budget khusus demi melakukan perawatan kulit agar lebih cerah. Padahal, dengan air cucian beras saja, kamu bisa mendapatkan kulit yang cerah lho! Berkat kandungan antioksidan yang tinggi termasuk vitamin A, C, senyawa flavonoid dan fenolik pada air cucian beras, kulitmu pun bisa kembali cerah.

Menghilangkan Flek Hitam

Kamu bisa memanfaatkan air cucian beras tersebut sebagai masker wajah. Caranya, letakkan air cucian pada sebuah wadah lalu diamkan hingga mengendap.
Air Cucian Beras/freepik.com

Enggak tanggung-tanggung, selain mencerahkan kulit wajah, air cucian beras juga bisa sekaligus menghilangkan flek hitam. Kamu bisa memanfaatkan air cucian beras tersebut sebagai masker wajah. Caranya, letakkan air cucian pada sebuah wadah lalu diamkan hingga mengendap. Setelah itu, gunakan endapan tersebut sebagai masker wajahmu. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan secara rutin sebanyak 2 kali seminggu ya, Beautynesian!

Mencegah Penuaan Dini

kamu bisa memanfaatkan kandungan feculic acid pada beras yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.
Air Cucian Beras/freepik.com

Jika kadar radikal bebas melampaui kemampuan tubuh untuk dikelola, maka hal ini justru akan menimbulkan kondisi stress oksidatif. Nah, untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa memanfaatkan kandungan feculic acid pada beras yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Caranya hanya cukup dengan mencuci wajah menggunakan air cucian beras. Cara ini bisa merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga mencegah penuaan dini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id