sign up SIGN UP

SKINCARE

Skincare Rutin Simpel untuk Remaja

Budi Rahmah Panjaitan | Sabtu, 15 Aug 2020 11:00 WIB
Skincare Rutin Simpel untuk Remaja
caption

Kulit remaja memiliki karakteristik tersendiri sehingga perawatannya juga akan berbeda. Jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa, remaja memiliki kulit yang regerenasinya masih optimal.

Untuk itu, sebenarnya remaja tidak butuh banyak item skincare. Nah, cukup dengan lima skincare di bawah ini, kamu yang masih remaja bisa melakukan perawatan rutin pada wajah. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Micellar Water / Cleansing Oil

bagi kamu yang remaja, tahapan awal skincare rutin kamu bisa dimulai dengan micellar water
makeup remover/freepik.com

Micellar water maupun cleansing oil menjadi item skincare yang wajib dimiliki remaja. Sisa-sisa kotoran pada wajah harus dibersihkan lebih dulu sebelum dicuci. Istilah umumnya adalah double cleansing.

Hal ini menjadi tahapan awal ketika selesai melakukan aktivitas yang biasanya menyisakan keringat, debu dan kotoran lain yang berasal dari sisa bedak maupun skincare.

Untuk itu, bagi kamu yang remaja, tahapan awal skincare rutin kamu bisa dimulai dengan micellar water maupun cleansing oil. Ada banyak produk lokal dengan harga terjangkau yang bisa dipilih. Selain itu banyak produk yang memang sudah digadang-gadang cocok untuk kulit remaja.

Face Wash

Membersihkan lebih lanjut sisa-sisa kotoran pada wajah yang kemudian dibilas dengan air tentu harus menjadi hal rutin
face wash/freepik.com

Selanjutnya adalah face wash. Tahapan ini menjadi bagian dari double cleansing setelah sebelumnya melakukan pembersihan dengan micellar water maupun cleansing oil. Item skincare ini juga wajib banget untuk dimiliki remaja.

Membersihkan lebih lanjut sisa-sisa kotoran pada wajah yang kemudian dibilas dengan air tentu harus menjadi hal rutin yang dilakukan. Hal ini juga bisa menghindarkan remaja dari berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, berjerawat, komedo dan lainnya.

Kamu bisa membersihkan wajah menggunakan face wash ini pada pagi hari setelah bangun tidur, setelah selesai beraktivitas dan pada malam hari sebelum tidur untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada wajah. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah pemilihan produk face wash yang sesuai dengan jenis kulit.

Moisturizer

. Moisturizer ini sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit sebagai asupan yang menyehatkan
pelembap/reepik.com

Tahapan skincare remaja berikutnya adalah moisturizer. Meskipun kulit remaja pada umumnya cenderung berminyak, bukan berarti kamu harus melewatkan pelembap.

Moisturizer ini sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit sebagai asupan yang menyehatkan. Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai step ke tiga dalam tahapan skincare routine kamu, ya.  

Sunscreen

menggunakan pelindung berupa sunscreen sangatlah penting
sunscreen/freepik.com

Efek buruk sinar matahari tentu sangat berbahaya bagi siapa saja, tidak terkecuali remaja. Untuk itu, menggunakan pelindung berupa sunscreen sangatlah penting dalam skincare rutin remaja. Apalagi jika kamu remaja yang aktif dan sering beraktivitas di luar ruangan.

Sebaiknya, gunakanlah sunscreen dengan SPF minimal 30 agar benar-benar terlindungi dengan baik. Ada banyak tingkatan SPF yang bisa dipilih, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Sheet Mask

Ada beragam jenis sheet mask yang dibedakan berdasarkan kandungan di dalamnya. Kamu bisa menutrisi kulit wajah
sheet mask/freepik.com

Nah, yang terakhir adalah sheet mask. Ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk merawat kulit yang simpel. Ada beragam jenis sheet mask yang dibedakan berdasarkan kandungan di dalamnya. Kamu bisa menutrisi kulit wajah dengan menggunakannya secara berkala. Misalnya 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Selain itu, kamu bisa menyesuaikan kandungan yang ada di dalam sheet mask untuk menuntaskan permasalahan kulit kamu. Contohnya, kamu yang bermasalah dengan jerawat bisa menggunakan sheet mask dengan kandungan vitamin C maupun tea tree.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id