sign up SIGN UP

SKINCARE

Stop Galau! Begini Cara Mengempeskan Jerawat yang Benar dan Cepat, Sudah Melakukan?

Ariska Rini | Rabu, 12 Dec 2018 08:00 WIB
Stop Galau! Begini Cara Mengempeskan Jerawat yang Benar dan Cepat, Sudah Melakukan?
caption
Jerawat merupakan penyakit kulit ketika pori-pori kamu tersumbat oleh kotoran atau minyak Ladies, sehingga muncul benjolan pada kulit kamu. Jerawat sendiri memiliki berbagai jenis, di antaranya jerawat batu dan jerawat yang bernanah. Kali ini Beautynesia.id akan membantu kamu mengatasi kedua jerawat tersebut. Simak yuk tahapan cara mengempeskan jerawat supaya ampuh!

Cara Mengempeskan Jerawat Batu


https://beautyessential.net/how-to-get-rid-of-acne-scars/

Jerawat batu adalah bintil besar atau kantung yang berisi sebum (minyak) dan pecahan sel. Jerawat batu kadang sangat menyakitkan lho Ladies. Tipe jerawat ini sering muncul di bagian wajah bahkan di telinga. 

Karena jerawat batu berada di permukaan dalam kulit, Untuk menghilangkan dengan cepat, harus membersihkan permukaan kulit dengan menggunakan uap. Simak tahapannya berikut ini: 

1. Uapkan wajahmu dengan air panas yang baru saja mendidih. Kamu bisa menggunakan handuk untuk memaksimalkan efek dari uapnya. 
2. Gunakan pelembab wajah untuk mengunci kelembapannya. Pastikan pelembab wajahmu yang berlabel non-comedogenic ya Ladies.
3. Kamu bisa gunakan tea tree oil untuk mempercepat kempesnya jerawat kamu.  Basahi kapas atau cotton bud dengan tea tree oil yang tidak dilarutkan. Usapkan pada jerawat batu, dan jangan dibasuh. Tea tree oil dapat mengurangi radang yang menyebabkan jerawat batu sehingga bisa pulih lebih cepat.
4. Buatlah masker herbal yang terbuat dari 1 sdm madu, 1 putih telur, dan 1 sdm air lemon. Lalu oleskan pada wajah kamu dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.


Jerawat Bernanah


https://parenting.firstcry.com/articles/post-pregnancy-acne-causestreatment-and-prevention/

Pustula atau jerawat bernanah adalah jerawat merah kecil yang memiliki nanah di bagian ujungnya. Jerawat bernanah ini bisa muncul ketika kamu mengalami infeksi pada tubuh. Hal itulah yang mengakibatkan campuran cairan pada kulit yang terinfeksi kuman dan sel darah putih mati menjadi nanah. Saat nanah terbentuk di bawah kulit atau pori-pori kulit kamu, hal itu dapat menyebabkan terbentuknya pustula atau jerawat bernanah Ladies. Berikut cara mengempeskan jerawat bernanah yang harus kamu ketahui:

1. Menggunakan Obat Yang Dijual Bebas 
Untuk mengatasi pustula atau jerawat bernanah, kamu dapat menggunakan obat topikal (obat oles) yang dijual bebas di pasaran tanpa resep dokter. Seperti lotion kalamin atau gel benzoil peroksida. Benzoil peroksida tersedia dalam 2 bentuk yaitu gel dan krim jerawat.

2. Menggunakan sulfur dan asam salisilat
Sulfur adalah ramuan alami dengan aroma khas yang ditemukan pada beberapa lotion, pembersih, dan masker. Sedangkan asam salisilat pada konsentrasi tertentu yang sering terkandung dalam sabun dan pembersih wajah. Asam salisilat dapat membantu mencegah pori-pori yang tersumbat. Ketika pori-pori bersih, kulit wajah pun tercegah dari jerawat. Hindari penggunaan pembersih wajah yang bersifat exfoliasi ya Ladies.

3. Penggunaan Antibiotik
Jika jerawat bernanah yang kamu miliki sulit untuk diobati dan dihilangkan, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik oral atau topikal untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Antibiotik hanya digunakan untuk waktu yang singkat, sehingga tubuh kamu tidak membangun resistensi. Penggunaan antibiotik disesuaikan dengan kuman penyebab infeksi pada jerawat. Sehingga penggunaan antibiotik ini harus berdasarkan resep dokter ya Ladies.



(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id