sign up SIGN UP

SKINCARE

Stretch Mark pada Remaja? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Sylvia Yuliasar | Senin, 28 Sep 2020 11:00 WIB
Stretch Mark pada Remaja? Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya
caption

Masih remaja kok sudah punya stretch mark di tubuh? Sebelum panik, simak dulu yuk penjelasan soal stretch mark pada remaja mulai dari penyebab hingga cara menghilangkannya di bawah ini.

Apa Itu Stretch Mark?

Wanita hamil biasanya alami stretch mark di daerah perut
Wanita hamil alami stretch mark – unsplash.com / Sharon McCutcheon

Stretch mark merupakan guratan seperti garis-garis dari jaringan parut yang terbentuk dari permukaan kulit yang biasa muncul di pangkal paha, perut bahkan lengan. Seperti dilansir dari Kid’s Health, stretch mark bisa terbentuk ketika kulit tertarik oleh pertumbuhan jaringan yang cepat.

Memang kulit umumnya elastis, tetapi saat merenggang dengan intens, produksi protein yang membentuk jaringan ikat di kulit yakni kolagen bisa turut terganggu. Akibatnya, terbentuklah jaringan parut mirip garis-garis tak beraturan yang kita kenal sebagai stretch mark.

Kok Bisa Remaja Memilik Stretch Mark?

Penyebab stretch mark pada remaja dipengaruhi berbagai faktor
Gadis remaja – unsplash.com / Jonathan Cosens Photography

Biasanya, stretch mark dialami oleh ibu hamil karena bagian tubuhnya merenggang dengan cepat selama mengandung buah hati. Bagian tubuh yang mengalami stretch mark pada ibu hamil biasanya perut dan pangkal paha.

Akan tetapi, remaja ternyata juga bisa mengalami stretch mark lho! Seperti dilansir dari Mom Junction, kondisi stretch mark bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya, genetik, elatisitas kulit dan kadar hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri merupakan hormon yang diproduksi pada kelenjar adrenal dan berfungsi meningkatkan elastisitas serat kulit.

Oleh karenanya, siapa saja bisa memiliki stretch mark baik perempuan ataupun laki-laki hingga tua atau remaja. Namun, stretch mark alias garis-garis halus ini lebih rentan dialami oleh:

  1. Perempuan
  2. Orang dengan kelebihan berat badan
  3. Berat badan yang turun secara drastis dalam waktu singkat
  4. Pengguna krim dengan kortikosteroid
  5. Memiliki keluarga yang juga punya stretch mark
  6. Penderita sindrom cushing
  7. Penderita sindrom marfan

Kok bisa ya remaja alami stretch mark? Sebenarnya hal ini adalah wajar karena ketika pubertas, tubuh remaja umumnya akan bertumbuh sangat cepat. Oleh karenanya, stretch mark biasanya akan muncul pada bagian tubuh remaja seperti payudara, bokong hingga paha. Remaja obesitas yang sedang getol membentuk tubuh dengan olahraga juga biasanya rentan memiliki stretch mark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Bahan alami seperti lemon dipercaya bisa memudarkan stretch mark
Irisan lemon dan jeruk nipis – unsplash.com / Elena Kloppenburg

Sebenarnya pada remaja, stretch mark akan memudar dengan sendirinya seiring proses regenerasi kulit yang terjadi setiap 28 hari. Namun hal ini mungkin akan memakan waktu sangat lama sehingga banyak orang mencari cara menghilangkannya dengan bahan-bahan alami seperti bubuk kopi, lemon, dan vitamin E. Sayangnya, menurut Mayo Clinic, memudarkan stretch mark dengan bahan alami biasanya tidak banyak membuat perubahan signifikan.

Alhasil, kalau mau hasil maksimal dan cepat, kamu perlu bantuan dokter spesialis kulit atau ahli bedah plastik. Secara medis, biasanya cara yang dianjurkan untuk menghilangkan stretch mark yakni dengan menggunakan krim retinoid guna menunjang produksi kolagen di dalam kulit, terapi sinar laser guna merangsang produksi kolagen atau elastin di kulit hingga prosedur mikrodermabrasi yang merupakan terapi memperbaiki lapisan kulit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id