sign up SIGN UP

SKINCARE

Suka Memakai Masker Alami? Ternyata 5 Bahan Alami Ini Tidak Boleh Dioleskan Langsung Lho!

Lifia Mawaddah | Jumat, 03 Apr 2020 11:00 WIB
Suka Memakai Masker Alami? Ternyata 5 Bahan Alami Ini Tidak Boleh Dioleskan Langsung Lho!
caption
Siapa sih yang enggak mau memiliki kulit wajah yang cantik dan sehat? Untuk mendapatkannya, enggak jarang wanita menggunakan jenis perawatan wajah. Salah satunya dengan menggunakan masker berbahan alami. Namun ternyata, enggak semua bahan alami baik untuk langsung diaplikasikan pada wajah lho! Beberapa bahan alami ini justru akan berbahaya jika dioleskan langsung. Yuk simak rangkumannya berikut ini!

Lemon


Vitamin C yang terkandung dalam lemon memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kulit. Tapi, jika menggunakan buah asam yang satu ini sebagai bahan masker alami, hal ini akan membuat kulit terasa perih. Sebab tingkat keasaman yang sangat tinggi dari lemon yang bisa saja membuat kulit menjadi iritasi. Sebaiknya, jangan mengoleskan perasan air lemon ini secara langsung di wajah ya, Beautynesian.


Foto: Istimewa


 


Baking Soda


Baking soda juga salah satu bahan yang sering digunakan untuk masker wajah. Namun sayangnya, baking soda memiliki sifat alkalin. Sehingga baking soda bisa mengubah pH alami kulitmu dan menipiskan lapisan kulit. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan bakteri mudah berkembang serta kotoran yang mudah menempel pada wajah. Efek samping terparahnya, baking soda bisa menyebabkan kulit panas terbakar.



Foto: Istimewa


 


Bawang Putih


Bahan alami lainnya yang dipercaya mampu mengatasi jerawat adalah bawang putih. Akan tetapi jangan langsung mengoleskannya di wajahmu ya! Sebab, kandungan bawang putih terlalu keras untuk kulit. Sehingga dapat menyebabkan rasa pedih dan terbakar. Jika kamu ingin menggunakan bawang putih sebagai bahan masker alami, campurkan dengan bahan lainnya seperti madu atau mentimun.


Foto: Istimewa


 


Alkohol


Alkohol memang memiliki sifat anti-bakteri. Bahkan kandungan alkohol banyak dijumpai di dalam produk-produk skincare. Tapi, meskipun alkohol ampuh untuk membersihkan wajah, kamu enggak bisa menggunakannya sebagai bahan masker. Justru mengoleskan alkohol ke kulit secara langsung dapat berbahaya. Alasannya karena alkohol dapat melebarkan pori-pori wajahmu dan menimbulkan komedo. Selain itu, mengoleskan alkohol secara langsung juga akan menyebabkan papula kulit yang meradang dan jerawat kistik.



 


Mayonaise


Mayonaise juga salah satu bahan masker yang sebaiknya kamu hindari! Alasannya karena kandungan lemak dan minyak pada mayonaise ini dapat menyumbat pori-pori wajahmu. Apalagi kalau kamu memiliki jenis kulit yang berminyak dan berjerawat. Menggunakan mayonaise sebagai bahan maskermu justru akan membuat wajah semakin berminyak dan berjerawat.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id