sign up SIGN UP

SKINCARE

Suka Pakai Obat Totol Jerawat? Kenali Manfaat dan Efek Samping Benzoyl Peroxide Untuk Jerawat

Munjidah Hamsa | Senin, 11 Jan 2021 16:00 WIB
Suka Pakai Obat Totol Jerawat? Kenali Manfaat dan Efek Samping Benzoyl Peroxide Untuk Jerawat
Kupas tuntas mengenai benzoyl peroxide untuk kulit berjerawat/ sumber: freepik.com
Jakarta -

Punya kulit berjerawat memang tricky banget perawatannya. Ada banyak dan beragam banget bahan perawatan kulit yang dapat membantu meredakan jerawat. Selama ini ada dua bahan yang direkomendasikan oleh banyak ahli kulit dan telah lama menjadi bahan utama dari produk perawatan untuk kulit berjerawat: asam salisilat dan benzoil peroksida.

Tapi, kali ini, kita kenalan dulu dengan bahan yang terbukti mampu meredakan jerawat yaitu benzoil peroksida yang akan kita kupas tuntas mengenai manfaat dan efek sampingnya.

Apa Itu Benzoyl Peroxide?

Benzoyl peroxide adalah bahan kimia yang mampu meredakan jerawat di kulit.
Benzoyl peroxide sebagai bahan meredakan jerawat di kulit/ sumber: freepik.com

Benzoyl peroxide atau benzoil peroksida merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Bahan ini dapat ditemukan di krim topikal yang dijual bebas serta dengan resep dari dokter kulit. Benzoil peroksida bekerja dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, mengurangi peradangan dan membuka pori-pori.

Penggunaan benzoil peroksida yang aman adalah yang berkadar 2.5%, 5%, dan 10%. Lebih dari itu, akan cenderung menyebabkan iritasi pada kulit tanpa manfaat yang seharusnya diberikan.

Seberapa Sering Boleh Digunakan dan Berapa Lama Efektivitasnya Bekerja?

Penggunaan benzoyl peroxide pada kulit berjerawat bisa digunakan sebagai krim topikal di bagian kulit yang berjerawat setiap sebelum tidur.
Penggunaan benzoyl peroxide untuk kulit berjerawat/ sumber: freepik.com

Tentunya ketika memakai obat jerawat atau produk perawatan kulit apapun, diperlukan kesabaran dengan obat topikal yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Dengan penggunaan setiap hari, diperlukan waktu minimal 6 hingga 12 minggu untuk benzoil peroksida bisa bekerja meredakan jerawat.

Apa Manfaat Benzoyl Peroxide?

Manfaat benzoyl peroxide adalah mampu mengurangi bakteri penyebab jerawat.
Manfaat benzoyl peroxide/ sumber: freepik.com

Benzoyl peroxide bisa menjadi bahan yang efektif untuk kulit berjerawat ringan sampai sedang. Penggunaan benzoil peroksida tidak diindikasikan untuk mereka yang tidak memiliki masalah kulit ini. Secara umum, benzoil peroksida juga aman untuk digunakan selama masa kehamilan.

Apa Sajakah Efek Sampingnya?

Efek samping penggunaan benzoyl peroxide adalah kulit jadi rentan kering.
Efek samping benzoyl peroxide/ sumber: freepik.com

Penggunaan benzoil peroksida bisa menyebabkan efek samping jika tidak digunakan secara tepat. Efek samping yang bisa ditimbulkan oleh benzoil peroksida adalah kemerahan, kulit mengelupas, iritasi, kulit kering dan gatal-gatal merupakan efek samping yang relatif umum. Untuk itu, kamu perlu perlu menggunakan benzoil peroksida secara perlahan dan hati-hati.

Selain itu, agar kulit tidak mudah kering dan mengelupas, mengoleskan pelembab bebas minyak yang ringan 20 menit setelah aplikasi dapat membantu mengatasi efek samping umum. Benzoil peroksida juga dapat menyebabkan kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. So, baiknya gunakan benzoil peroksida sebelum tidur saja ya, Ladies!

Apa Perbedaan Benzoyl Peroxide dan Asam Salisilat?

Perbedaan benzoyl peroxide dan asam salisilat terletak pada fokus pengobatan masing-masing bahan.
Perbedaan benzoyl peroxide dan asam salisilat/ sumber: freepik.com

Meskipun benzoil peroksida dan asam salisilat dapat digunakan untuk kulit yang rentan berjerawat, keduanya memiliki mekanisme kerja dan struktur kimia yang sangat berbeda. Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi atau asam eksfoliasi yang dapat mengurangi produksi minyak. Sedangkan benzoyl peroxide menargetkan bakteri yang terlibat dalam patogenesis acne yang menyebabkan jerawat.

So, itu dia kupas tuntas soal Benzoyl Peroxide atau benzoil peroksida yang bisa dengan mudah kamu temukan sebagai bahan utama obat jerawat atau produk perawatan untuk kulit berjerawat. Pastikan kamu membeli obat jerawat atau produk perawatan kulit berjerawat yang telah berijin BPOM resmi dan dari merek yang jelas ya, Ladies. Semoga membantu!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id