sign up SIGN UP

SKINCARE

Supaya Gak Salah Skincare, Yuk Kenali Jenis Kulitmu dengan Cara Ini!

Dians Marfuah | Selasa, 30 Mar 2021 21:30 WIB
Supaya Gak Salah Skincare, Yuk Kenali Jenis Kulitmu dengan Cara Ini!
caption
Jakarta -

Mengetahui jenis kulit sangatlah penting ya ladies, terutama saat memilih produk kecantikan. Kalau kamu tahu jenis kulitmu kamu nggak akan salah pilih produk skincare yang akan kamu gunakan. Karena beda jenis kulit, perawatan nya berbeda pula. Namun sayangnya, saat ini masih banyak orang yang belum mengenal jenis kulitnya sendiri. Nah agar lebih mudah kita akan mencari cari jenis kulitmu dengan menyebutkan tipe jenis kulit beserta ciri-cirinya.

Tak perlu bingung, yuk mari cari tahu jenis kulitmu dengan cara ini.

Kulit Berminyak

Ilustrasi wanita bercermin
Ilustrasi wanita bercermin/Pexels.com/Andrea Piacquadio

Seseorang dengan tipe kulit berminyak biasanya ditandai dengan kulit wajah yang terlihat mengilap.  Pemilik kulit tipe ini juga memiliki pori-pori yang besar karena banyaknya kandungan sebum yang dihasilkan  oleh kelenjar minyak.  Pemilik kulit berminyak harus lebih hati-hati dan rajin membersihkan wajahnya. Pasalnya  pemilik kulit berminyak cukup rentan dengan komedo dan jerawat. Karena jika kotoran atau debu yang bercampur dengan sebum  menyumbat pori-pori, maka, jerawat akan muncul di wajah.

Tapi bagi kamu pemilik kulit berminyak tak usah bersedih, karena memiliki kulit berminyak juga ada manfaatnya loh. Kondisi kulit yang cenderung berminyak dapat memperlambat terjadinya penuaan dibanding si pemilik kulit kering. Karena  pada dasarnya sebum sendiri adalah minyak alami kulit yang dihasilkan untuk menjaga kekenyalannya.

Kulit Kering

Ilustrasi dry skin
Ilustrasi dry skin/Pexels.com/Jenna Hamra

Jenis kulit yang satu ini adalah kebalikan dengan kulit berminyak. Jenis kulit kering dapat ditandai dengan kondisi kulit yang kering bahkan mengelupas. Si pemilik kulit kering  sering kali merasa kulitnya tertarik atau kencang terutama saat setelah cuci muka dengan air dan sabun. Selain itu, kulit kering juga nampak mudah berkeriput dan terihat kusam. Nah jika pemilik kulit berminyak memiliki banyak produksi sebum, jenis kulit kering malah kurang mendapatkan sebum.

Alhasil karena kurangnya kelembaban kulit, kulit akan mudah terasa kering, kencang bahkan tertarik. Bahkan ada pula yang dijumpai dengan tampilan kulit kasar, kurang elastis dan bersisik. Meski demikian pemilik kulit kering ini cenderung jarang berjerawat, namun pemilik kulit kering punya PR menjaga kelembapan kulitnya.

Kulit Kombinasi

Ilustrasi perawatan kulit
Ilustrasi perawatan kulit/Pexels.com/cottonbro

Seperti namanya kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Namun karena kombinasi ini juga orang sering dibuat bingung. Bagaimana tidak, terdapat area kulit yang berminyak ada pula area kulit yang kering. Namun umumnya nih pemilik kulit kombinasi ini, pada area T zone yaitu dagu, hidung dan dahi cenderung berminyak. Sedangkan pada area pipi, area  mata, dan leher cenderung lebih kering. Perpaduan kondisi kulit ini pula membuat pemiliknya harus berusaha extra untuk merawatnya. 

Pemilik jenis kulit dapat menggunakan dua jenis produk berbeda di wajahnya, pada area T zone menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak. Sedangkan pada area kulit yang kering menggunakan produk untuk melembabkan kulit.

Kulit Sensitif

Ilustrasi
Ilustrasi/Pexels.com/Polina Kovaleva

Jika kulitmu rentan mengalami iritasi, ruam dan alergi, bisa jadi jenis kulitmu adalah kulit sensitive . Yap pemilik kulit sensitive mudah bereaksi terhadap faktor tertentu, sebut saja, cuaca, lingkungan, produk tak cocok bahkan  makanan sekalipun. Ciri kulit sensitive  juga ditandai dengan mudah terkelupas, kering, memerah dan terasa perih. Makanya pemilik jenis kulit sensitive  harus super extra dan sabar dalam merawat kulitnya.

 Menggunakan produk perawatan kulit yang tak cocok bisa menimbulkan kemerahan, kering, gatal dan panas. Oleh karenanya bagi kamu yang memiliki jenis kulit ini, kamu harus selektif dalam memilih produk perawatan kulit.

Kulit Normal

Ilustrasi
Happy Girl/Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ini nih jenis kulit impian semua orang, karena jenis kulit ini begitu ideal dan pas. Tidak berminyak, namun juga tak kering.  Kelembapan dan kekenyalan yang dimiliki tipe kulit ini pas pada porsinya karena minyak alami yang tersebar merata. Persebaran minyak tak berlebihan akan membuat wajah  pemilik kulit tak akan terlihat mengkilap. Yang bikin irinya lagi nih pemilik kulit normat cukup jarang memiliki permasalahan kulit.

Warna kulit terlihat merata namun tak tampak kusam, pori-pori tak terlalu besar dan tak rentan mengalami iritasi. Meski demikian pemilik kulit normal harus tetap merawat kulit ya, agar kecantikan dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Itu dia beberapa jenis kulit beserta ciri-ciri. Nah, udah tau kan ciri-ciri kulitmu berada di jenis kulit yang mana? Jangan sampai salah perawatan lagi ya, ladies!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id