sign up SIGN UP

SKINCARE

Supaya Hasilnya Maksimal, Perhatikan Jeda Aplikasi Pemakaian Skincare Berikut Ini

Hani Arifah | Selasa, 02 Mar 2021 13:15 WIB
Supaya Hasilnya Maksimal, Perhatikan Jeda Aplikasi Pemakaian Skincare Berikut Ini
caption
Jakarta -

Kulit yang sehat adalah kulit yang ternutrisi dengan baik. Untuk menutrisi kulit wajah, diperlukan beberapa rangkaian produk dengan ingredient yang sesuai dengan tipe kulit karena tiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. 

Banyak sekali pilihan produk yang bisa membantu mengatasi permasalahan kulit kita. Namun, untuk hasil terbaik, kita perlu memperhatikan juga penggunaan skincare agar kandungan yang ada di dalamnya dapat terserap secara sempurna di kulit wajah. 

Skin cells Foto:pinterest/dreamstime
Skin cells

Sering kali kita dibuat bingung dengan berapa lama jeda waktu antara pengaplikasian setiap step skincare yang kita pakai. Dikutip dari channel YouTube Danang Wisnu, sebenarnya tidak ada patokan yang pasti berapa lama seharusnya jeda antara pemakaian step skincare satu ke skincare selanjutnya. Semua tergantung tipe dan kondisi kulit masing-masing.

Namun, ada beberapa produk dengan bahan tertentu yang harus digunakan secara hati-hati agar bekerja maksimal di kulit wajah kita. Apa sajakah itu? Simak beberapa penjelasan singkat mengenai cara penggunaan skincare di bawah ini! 

Skincare dengan Kandungan Humektan 

Hydrating skinFoto:pinterest/netaporter
Hydrating skin

Skincare yang mengandung Humektan seperti Hyaluronic Acid dapat bekerja maksimal ketika kulit wajah kita terhidrasi dengan baik. Waktu yang paling tepat untuk mengaplikasikan skincare dengan kandungan Humektan seperti Hyaluronic Acid adalah ketika permukaan kulit masih setengah basah. Jadi, tidak perlu menunggu lama-lama.

Skincare dengan Kandungan Emolien dan Oklusif

Dry SkinFoto:pinterest/mujerde10
Dry Skin

Emolien dan Oklusif merupakan kandungan dalam skincare yang biasanya bersifat oil atau minyak. Waktu terbaik untuk mengaplikasikan skincare dengan kandungan ini adalah ketika produk sebelumnya sudah meresap dengan sempurna. Skincare dengan kandungan Emolien dan Oklusif yang diaplikasikan pada kulit wajah yang setengah basah tidak akan meresap dengan sempurna, sehingga ingredient dalam skincare tidak dapat bekerja secara maksimal.

Antioksidan, Vitamin C, dan Retinol

Antioksidan, vitamin C, dan retinol merupakan bahan aktif yang rentan berubah jika terkena cairan lain. Sehingga penggunaan yang paling tepat untuk ketiga bahan ini adalah ketika produk sebelumnya sudah kering dan meresap dengan sempurna. 

Produk yang Sensitif dengan Cairan pH

pH balanceFoto:pinterest/alluremagazine
pH

Salah satu kandungan dalam skincare yang sensitif dengan cairan dan pH adalah Arbutin. Arbutin akan mengalami oksidasi jika terkena cairan dari produk lain. Maka pemakaian yang tepat adalah ketika layer sebelumnya sudah kering dengan sempurna. 

Produk yang Bersifat Exfolian

Seperti yang kita tahu, Exfolian adalah bahan yang berfungsi untuk mengeksfoliasi atau mengelupas sel kulit mati yang ada di kulit wajah. Bahan yang bersifat exfolian di antaranya adalah salicylic, AHA, dan BHA. Ketiga bahan ini kurang bisa bekerja secara maksimal di permukaan kulit yang setengah basah, maka dari itu penggunaan yang paling efektif adalah dengan cara menunggu layer sebelumnya meresap dengan sempurna. 

Bagi ladies yang tengah mencari face exfoliator yang sesuai dengan kondisi kulit yang dimiliki, bisa mencari tahu dengan klik NEXT.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id