sign up SIGN UP

SKINCARE

Tak Perlu Perawatan Mahal, Berikut Tips Memutihkan Kulit Secara Alami

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Jumat, 31 Jul 2020 02:00 WIB
Tak Perlu Perawatan Mahal, Berikut Tips Memutihkan Kulit Secara Alami
Cara Memutihkan Kulit/freepik.com
Jakarta -

Kulit yang kusam tentu membuat kita jadi kurang percaya diri. Kulit kusam pun dapat terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja seperti terlalu sering terpapar sinar matahari, polusi udara, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, atau menggunakan obat dan bahan kimia sembarangan. Untuk mencerahkannya kembali, enggak jarang yang rela melakukan perawatan yang mahal. Padahal tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, beberapa bahan alami berikut ini pun bisa membuat kulitmu jadi putih dan cerah lho!

Lemon

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan warna kulit wajah maupun tubuh.
Lemon/freepik.com

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan warna kulit wajah maupun tubuh. Kandungan ini juga dikenal sebagai bahan utama untuk mencerahkan warna kulit yang tidak merata. Bahkan, lemon pun juga efektif untuk memudarkan noda hitam pada wajah seperti bekas jerawat. Untuk menggunakannya, ambil satu buah lemon lalu potong menjadi dua bagian. Peras hingga mendapatkan air yang cukup banyak. Oleskan tipis pada wajah dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu, bilas wajahmu dengan menggunakan air bersih.


Madu

Madu dapat memutihkan kulit
Madu/freepik.com

Madu dikenal sebagai bahan alami yang mengandung antioksidan tinggi. Sehingga, madu sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang terdapat pada polusi udara. Selain itu, madu pun juga dapat menghaluskan dan mencerahkan warna kulit. Jika kamu ingin menjadikan madu sebagai solusimu, lap wajahmu dengan menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka. Oleskan madu secara langsung pada kulit tubuh atau wajah secara merata. Diamkan 15 hingga 20 menit lalu bisa menggunakan air hangat. Terakhir, basuh wajahmu dengan air dingin agar pori-porimu mengecil kembali.

Bengkuang

bengkuang mengandung vitamin A dan nutrisi yang membantu untuk mencerahkan kulit dan menghambat produksi melanin
Bengkuang/pinterest.com

Kalau bahan yang satu ini sih sudah banyak diketahui mampu mencerahkan kulit. Bahkan banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utamanya. Hal ini dikarenakan mengandung vitamin A dan nutrisi yang membantu untuk mencerahkan kulit dan menghambat produksi melanin. Untuk menggunakan bengkuang sebagai perawatan kulitmu, parut lalu jemur hingga menjadi tepung. Kemudian, gunakan tepung tersebut sebagai masker. Selain diparut, kamu juga bisa menumbuk bengkuang lalu aplikasikan pada tubuh dan wajahmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id