sign up SIGN UP

Terlalu Banyak Lihat Layar Gadget Akibat di Rumah Aja? Waspada Kulit Kusam!

Nubira Maisty | Kamis, 30 Sep 2021 12:35 WIB
Terlalu Banyak Lihat Layar Gadget Akibat di Rumah Aja? Waspada Kulit Kusam!
caption

Pemaparan cahaya dari gadget atau biasa disebut dengan blue light, memiliki banyak sekali dampak khususnya untuk kulit wajah. Tanpa disadari, kita bisa menghabiskan waktu di depan layar gadget lebih dari 12 jam dalam satu hari. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit kita khususnya di bagian wajah karena kulit wajah menjadi bagian tubuh yang paling terpapar apabila kita sedang berhadapan dengan gadget.

Disebutkan dari sebuah penelitian, pemaparan sinar blue ray ternyata bisa menyebabkan kulit kering, kusam, flek hitam hingga kerutan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa paparan blue light dari gadget mampu menembus kulit bahkan lebih dalam dari sinar UV matahari.

Sinar biru atau blue light dapat menghancurkan kolagen melalui stres oksidatif. Pada kulit, terdapat bahan kimia yang disebut flavin yang mampu menyerap blue light. Reaksi yang berlangsung selama penyerapan blue light oleh flavin itu menghasilkan molekul oksigen yang tidak stabil sehingga membentuk radikal bebas yang merusak kulit.

Penggunaan Handphone di kehidupan sehari-hari seringkali tidak disadari membuat banyak dampak negatif untuk kesehatan.
Handphone Menjadi Sumber Blue Light Yang Paling Utama/Sumber: Pexels.com

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi permasalahan kulit akibat paparan blue light khususnya bagi kamu yang memiliki kewajiban untuk on-screen setiap hari dengan waktu yang lama. Yuk simak pemaparannya berikut ini!

1. Menggunakan Sunscreen

Rutin menggunakan sunscreen perlu diterapkan tidak hanya saat kita hendak keluar rumah, melainkan di dalam rumah juga.
Sunscreen/Sumber: Pexels.com

Selain berguna untuk menghalau sinar UV matahari, sunscreen juga ternyata bermanfaat untuk menghalau blue light lho! Diketahui bahwa sunscreen mengandung zinc yang mampu menghalang dan meminimalisir penyerapan sinar yang berpotensi merusak kulit. Maka dari itu, kamu wajib merutinkan penggunaan sunscreen tidak hanya pada saat akan keluar rumah, tapi di dalam rumah juga.

2. Menggunakan Serum

Bagi kamu yang masih suka skip tahapan skincare satu ini, kamu wajib memperhatikan poin ini! Serum khususnya yang mengandung niacinamide dapat memaksimalkan pemulihan sel-sel kulit dan meningkatkan kemampuan skin barrier dari penyerapan sinar-sinar berbahaya termasuk blue light.

3. Menggunakan Produk Kaya akan Antioksidan

Selain menggunakan sunscreen dan serum, kamu juga bisa memaksimalkan proteksi kulit dari blue light dengan menggunakan produk yang mengandung antioksidan tinggi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan sangat ampuh dalam melindungi kulit dari blue light.

Teh rooibos adalah teh herbal yang kaya akan antioksidan dan bebas kafein.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Berbicara soal antioksidan, selain penggunaannya dari luar, kamu juga bisa menambah pasokan antioksidan di tubuhmu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan. Untuk minuman, kamu bisa mengonsumsi teh rooibos secara rutin karena teh rooibos dikenal sebagai teh dengan kandungan oksidan yang sangat tinggi dan bebas kafein.

Selain bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar blue light, teh rooibos juga ternyata mampu membantu mencerahkan kulit dan memaksimalkan penurunan badan pada program dietmu lho. Banyak orang sudah membuktikan hal ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Beri komentar di bawah ini ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id