sign up SIGN UP

SKINCARE

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bikin Gampang Jerawatan, yuk Hindari!

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Jumat, 17 Jul 2020 23:00 WIB
Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bikin Gampang Jerawatan, yuk Hindari!
caption
Jakarta -

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Tentunya, hal ini membuat jengkel karena bisa mengganggu penampilan. Tapi, jangan hanya sibuk mencari cara untuk menghilangkannya saja. Kamu juga perlu mengetahui hal apa saja yang tanpa sadar bisa memicu tumbuhnya jerawah. Sehingga kamu bisa menghindari hal-hal tersebut untuk mencegah timbulnya jerawat. Berikut ini Beautynesia.id telah merangkum 5 kebiasaan yang tanpa sadar memicu tumbuhnya jerawat. Simak yuk!

Terlalu Sering Mencuci Muka

Terlalu sering cuci muka bukan malah membuat wajahmu bersih lho. Justru hal ini mengakibatkan wajahmu jadi berjerawat
Mencuci Muka/freepik.com

Terlalu sering cuci muka bukan malah membuat wajahmu bersih lho. Justru hal ini mengakibatkan wajahmu jadi berjerawat. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari American Academy of Dermatology yang menunjukkan bahwa terlalu sering mencuci muka dapat menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat. Sebab, produksi kelenjar minyak atau sel sebum akan meningkat dan menyebabkan jerawat.


Jarang Keramas

Eits, jangan salah! Jarang keramas juga menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Hal ini karena rambut juga menghasilkan minyak yang bercampur bakteri. Sehingga apabila rambut yang kotor menempel pada wajah akan memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, jangan mengabaikan rambut yang kotor ya, Beautynesian!

Menempelkan Ponsel Pada Wajah Saat Menelpon

Menempelkan ponsel pada wajah saat sedang menelpon dapat menimbulkan jerawat.
Menelpon/freepik.com

Menempelkan ponsel pada wajah saat sedang menelpon dapat menimbulkan jerawat. Alasannya karena ponsel yang ditempelkan ke pipi akan ikut terkena keringat dan minyak dari wajah. Jadi, kalau kamu enggak segera membersihkan layar hp sebelum digunakan lagi, maka kotoran dan bakteri yang menempel pun akan kembali ke wajah.

Stres

Hati-hati, Beautynesian. Jika kamu stres berlebihan, hal ini bukan hanya memengaruhi kesehatan pikiran saja. Tetapi juga kesehatan kulitmu lho! Sehingga, stres bisa menjadi salah satu faktor pemicu tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, penting untukmu mengelola stres dengan beristirahat atau melakukan hal-hal yang membuatmu rileks.

Pola Tidur yang Buruk

tubuh yang kurang beristirahat akan memproduksi insulin lebih banyak dari biasanya
Pola Tidur yang Buruk/freepik.com

Hayo, apakah kamu sering begadang? Jika iya, bisa-bisa hal ini akan mengundang jerawat tumbuh. Karena tubuh yang kurang beristirahat akan memproduksi insulin lebih banyak dari biasanya. Jadi jika kamu memiliki pola tidur yang buruk, segera benahi dan istirahat dengan cukup ya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id