sign up SIGN UP

SKINCARE

Ternyata Begini Cara Memencet Komedo Dengan Benar di Rumah

Agatha Kharisma | Jumat, 08 Dec 2017 13:00 WIB
Ternyata Begini Cara Memencet Komedo Dengan Benar di Rumah
caption
Bagi para perempuan, komedo di wajah tak jauh berbeda dengan jerawat. Selain sama-sama mengganggu penampilan, rasanya tangan kita gatal ingin segera memencet komedo yang nangkring dengan manis di wajah. Tunggu dulu, yakin sudah tahu cara memencet komedo dengan benar?



Perlu diakui, yang namanya memencet komedo hampir tidak pernah direncanakan. Umumnya kamu hanya sedang iseng bercermin, lalu tanpa sengaja melihat ada komedo yang siap dipencet. Padahal hal ini tidak baik. Memencet komedo tanpa persiapan, artinya mungkin saja kamu menggunakan cara yang salah, atau tangan sedang dalam keadaan kotor. Akibatnya, komedo malah bisa berubah jadi jerawat, lho.
 


Foto: https://blog.reneerouleau.com/how-to-manually-extract-blackheads-and-clogged-pores-from-your-skin/



Pencet Komedo Dalam Keadaan Kulit Bersih
Langkah pertama ini tak dapat diganggu gugat, kamu hanya boleh memencet komedo saat keadaan kulit bersih, bebas dari makeup, minyak berlebih, dan debu polusi. Setelah bersih, aplikasikan pelembab ringan pada kulit.
 


Foto: https://www.allure.com/story/replace-cleanser-with-micellar-water-results



Steam Wajah
Untuk mempermudah ekstraksi komedo, sebaiknya kulit di-steam terlebih dahulu. Kalau tak ingin ribet, lakukan proses ekstraksi komedo tepat setelah mandi air panas, saat kulit lembut akibat uap air. Ada satu teknik lagi yang dapat kamu lakukan, yaitu menggunakan kompres hangat. Tutupi bagian yang berkomedo dengan plastik, lalu kompres dengan dua lapis handuk panas. Buka setelah lima menit.
 



Foto: https://healthforallwomen.com/facial-steaming/



Saatnya Memencet!
Ada dua cara memencet komedo yang dapat kamu lakukan, yaitu dengan alat pemencet, atau dengan jari. Kamu dapat memperoleh alat pemencet komedo di toko-toko kecantikan. Alat pemencet komedo sebaiknya dicuci bersih, sebelum dan sesudah digunakan, menggunakan alkohol. Posisikan komedo pada lubang di alat pemencet, kemudian tekan ke bawah.
 
Apabila kamu memilih untuk memencet komedo dengan jari, maka pastikan tanganmu sudah dicuci bersih dengan sabun. Lapisi kedua telunjuk dengan tisu, kemudian mulailah memencet komedo dengan memposisikan kedua telunjuk secara berlawanan. Kalau kamu sudah memencet sebanyak tiga kali dan komedo nggak mau keluar, hentikan. Apabila dipaksakan, kulitmu malah beresiko iritasi, atau bahkan merusak kapiler di bawah kulit.
 


Foto: https://theporexpert.com/best-comedone-extractor/



Bersihkan
Setelah selesai memencet komedo, bersihkan wajah dengan gentle facial wash, kemudian aplikasikan aloe vera gel atau cucumber gel yang menenangkan. Selain itu, kamu dapat menggunakan clay mask untuk mempurifikasi pori-pori.
 


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=1C0V9YF7-1E
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id