sign up SIGN UP

SKINCARE

Ternyata, Ini Cara Memakai Cologne Agar Aromanya Tidak Menyengat dan Membuat Pusing

Intan Kumala | Minggu, 18 Dec 2016 01:00 WIB
Ternyata, Ini Cara Memakai Cologne Agar Aromanya Tidak Menyengat dan Membuat Pusing
caption
Mungkin beberapa dari kamu lebih memilih cologne dibandingkan parfum karena tingkat keharumannya yang lebih ringan serta dapat menimbulkan sensasi segar saat disemprotkan. Perlu kamu ketahui juga, parfum memiliki kandungan esensial oil yang lebih tinggi sehingga wanginya lebih tahan lama sedangkan cologne memiliki formula air dan alkohol yang lebih banyak. Esensial oil yang ada di dalamnya hanya sekitar 5%. Tak heran bila parfum memiliki harga yang relatif lebih mahal. Meskipun tingkat keharumannya tidak bisa tahan lama, bukan berarti kamu harus memakai cologne dalam jumlah banyak. Bila berlebihan aromanya justru semakin menyengat dan membuat pusing bagi orang yang menciumnya. Untuk itu, sebelum memakai cologne, kenali cara tepat memakai cologne agar aromanya tetap soft saat digunakan.

1. Pastikan Kulit Dalam Keadaan Bersih


Sebelum menggunakan cologne, sebaiknya pastikan kulitmu dalam keadaan bersih. Kamu bisa menggunakan cologne setelah mandi. Kulit yang bersih akan membuat aroma cologne lebih tahan lama. Hindari menyemprotkannya pada pakaian ya karena bisa menimbulkan noda. Selain itu, aroma cologne yang menempel pada pakaian dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. 

 


Foto: https://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/83824-ingin-kulit-mulus-sempurna-hindari-4-makanan-ini.html


 


2. Semprotkan Pada Area Tertentu


Sama halnya seperti saat memakai parfum, gunakan cologne di area tangan, leher ataupun di belakang telinga. Area tersebut merupakan titik nadi yang merupakan area tubuh paling panas. Jika cologne disemprotkan di area panas tersebut, aroma wanginya akan lebih keluar dari tubuhmu dan terasa lebih wangi. 

 



Foto: https://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/84019-6-titik-tubuh-paling-tepat-untuk-menyemprotkan-parfum.html


 


3. Lakukan pada Jarak 6 inchi


Cara menggunakan cologne yang benar adalah dengan menyemprotkannya dalam jarak 6 inchi dari kulit agar bisa menyebar. Nah tapi sayangnya tidak semua cologne dilengkapi dengan spray. Untuk itu, kamu bisa menuangkan botol pada telapak tangan kemudian tepuk-tepuk pada kulit. 

 


Foto: https://blog.tokopedia.com/2014/06/cara-tepat-dalam-menggunakan-parfum/


 


4. Memakai Pelembab atau Petroleum Jelly


Oleskan petroleum jelly, lotion, ataupun pelembap kulit untuk membuatnya tahan lama dan wanginya lebih gentle. Kulit yang lembap ini bisa membuat cologne lebih tahan lama. Tapi, aroma wewangian yang berbeda dari pelembap ataupun lotion bisa menyamarkan aroma cologne-mu lho. Karena itu sebaiknya pilih aroma cologne yang sama dengan pelembab agar aromanya lebih melekat. 

 


Foto: https://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/45220-tips-pakai-cologne-agar-tahan-lama-dan-tidak-lebay.html


 


5. Pakai Cologne Secukupnya


Masalah ini juga perlu kamu perhatikan. Aroma cologne memang tidak tahan lama seperti menggunakan parfum. Tapi bukan berarti kamu harus menggunakan cologne dalam jumlah banyak. Hal ini justru akan membuat orang lain terganggu karena baunya yang menyengat. Pakai cologne secukupnya pada daerah yang sudah dibersihkan dan diberi lotion. Daripada menggunakan lotion dalam jumlah banyak, sebaiknya gunakan cologne lagi setelah 2 sampai 3 jam pemakaian. Aktivitas yang tinggi membuat aroma cologne lebih cepat hilang.
 


Foto: https://www.reference.com/beauty-fashion/perfume-called-toilet-water-27b01208d59d5cc5


 


Jadi, jangan berlebihan ya saat memakai cologne. Aroma yang menyenangkan dan tidak menusuk akan membuat orang yang berada di dekat kamu pastinya merasa nyaman. 

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id