sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Agar Rambut Kamu Tetap Lembut Seharian, Yuk Cobain!

Grace Purba | Minggu, 29 Sep 2019 13:30 WIB
Tips Agar Rambut Kamu Tetap Lembut Seharian, Yuk Cobain!
caption
Cara mudah dan murah untuk dapatkan rambut yang lembut
Kebanyakan dari kamu pasti mengalami masalah rambut yang sama, kering dan kasar. Rambut yang kering dan kasar pasti bikin kamu enggak pede seharian, apalagi pas hangout sama teman-teman kamu.

Biasanya rambut yang kasar dan kering disebabkan oleh banyak faktor, misalnya terkena paparan sinar matahari terlalu lama, produk perawatan rambut yang tidak cocok, yang bisa merusak sel rambut, atau cara merawat rambut yang salah. Tapi, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan rambut yang lembut dan tidak kusam. Untuk itu, kamu wajib baca artikel ini.
 
Foto: Istimewa

Pilihlah Sampo yang Cocok Untukmu


Sampo memang diperuntukkan untuk membersihkan rambut dari kotoran-kotoran yang menempel, biasanya produk sampo juga diklaim bisa mengatasi rambut yang kering dan bisa membuat rambut terasa lebih lembut. Namun, tak semua produk sampo punya efek yang sama di rambutmu sesuai dengan klaimnya, bisa saja sampo tersebut justru bikin rambutmu kering dan kusam.

Jadi, pilihlah sampo yang cocok untukmu, kamu bisa baca kandungan-kandungannya terlebih dahulu, lalu ‘googling’ untuk melihat efek dari kandungan tersebut, atau kamu juga bisa bertanya pada temanmu atau ahli nya mengenai rekomendasi perawatan rambut yang cocok untukmu.
 

Jangan Keramas Terlalu Sering


Foto: Istimewa
Seringkali kamu memutuskan untuk keramas 2 kali dalam sehari ataupun 1 kali dalam sehari, karena merasa rambut sudah terlalu lepek, kotor, dan hal tersebut membuat kamu tidak nyaman. Tapi faktanya, hal tersebut justru bisa membuat rambutmu semakin kering, lho.


Keramas terlalu sering bisa membuat minyak alami dari rambut hilang dan akhirnya kulitmu semakin kering bahkan gatal. Tips agar kamu tidak terlalu sering keramas adalah jangan menyisir rambut terlalu sering karena akan menyebabkan folikel rambut bekerja lebih aktif dan menyebabkan rambutmu lebih cepat kotor.
 

Gunakan Conditioner atau Masker Rambut


Foto: Istimewa
Conditioner memang salah satu produk perawatan rambut yang dikenal punya banyak manfaat, seperti melembapkan rambut dan juga kulit kepala, menjaga elastisitas rambut, membuat rambut tampak lebih bersinar, hingga membuat rambut lebih lembut. Kamu bisa gunakan conditioner setelah kamu keramas, cukup ambil secukupnya lalu oleskan secara merata pada bagian rambut, usahakan jangan terkena kulit kepala, tunggu 5-15 menit, lalu bilas hingga bersih. Begitu juga dengan masker rambut yang bermanfaat untuk menutrisi rambut agar tetap kuat dan sehat serta lembut.
 

Gunakan Minyak Kelapa


Foto: Istimewa
Semua orang pasti sudah tahu jika minyak kelapa sangat bagus untuk rambut. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat yakni sebagai antimikroba, antijamur, dan antivirus.

Bermanfaat untuk membuat rambutmu tetap lembap, menghitamkan rambut, dan melembutkan rambut. Cukup oleskan minyak kelapa setelah atau sebelum keramas agar rambutmu lembut dan sehat. (ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id