sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Ampuh Rawat Ketiak dan Siku Hitam Pakai Bahan Alami Ini

Anindya Milagsita | Minggu, 08 Nov 2020 13:00 WIB
Tips Ampuh Rawat Ketiak dan Siku Hitam Pakai Bahan Alami Ini
caption

Kondisi siku dan ketiak yang gelap cukup mengganggu penampilan bahkan sering bikin enggak percaya diri. Kondisi. Bagian tubuh yang satu ini memang jarang diperhatikan jika dibandingkan dengan kulit wajah. Padahal siku dan ketiak juga perlu dirawat agar terlihat lebih bersih dan cerah lho. 

Kepercayaan diri kamu pun akan makin meningkat dan bisa pakai baju lengan pendek ataupun bawahan di atas lutut sesuka hati. Nah selain melakukan eksfoliasi pakai scrub, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk merawat siku hitam dan ketiak hitam, Ladies.

Apa aja sih bahan alami yang bisa dipakai? Yuk cari tahu lewat artikel berikut!

Lemon

Tips merawat siku dan ketiak hitam dengan bahan alami lemon.
Perawatan Siku dan Ketiak Hitam/sumber: freepik.com/

Bahan alami yang bisa kamu pakai untuk merawat siku hitam ataupun ketiak hitam pertama adalah jeruk lemon. Lemon terpilih sebagai jenis citrus yang paling banyak digunakan untuk perawatan kecantikan lho. Terutama untuk perawatan kulit. Lemon yang kaya vitamin C punya manfaat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C, mineral, dan anti-oksidan dalam buah lemon memberikan efek mencerahkan bagi kulit, ladies. Untuk merawat kulit siku hitam dan ketiak hitam kamu bisa memanfaatkan lemon dalam tahapan skincare routine kamu lho. Caranya dengan mengoleskan potongan lemon langsung ke bagian siku dan ketiak yang digosokkan secara perlahan. 

Selain cara tadi, kamu juga bisa memakai kapas yang diberi perasan lemon dan dinginkan di dalam lemari es. Selanjutnya tempelkan kapas pada bagian siku ataupun ketiak dan diamkan beberapa saat. Kamu bisa mencampurkan lemon dengan bahan alami lainnya seperti madu ataupun bahan alami lainnya.

Minyak Kelapa

Tips merawat siku dan ketiak hitam dengan bahan alami minyak kelapa.
Perawatan Siku dan Ketiak Hitam/sumber: freepik.com/

Selain lemon ada minyak kelapa yang juga bisa membantu kamu dalam merawat siku hitam dan ketiak hitam, ladies. Minyak kelapa punya kandungan asam lemak yang baik untuk kesehatan kulit. Asam lemak ini bisa membantu untuk mencerahkan bagian kulit yang gelap. 

Selain minyak kelapa kamu juga bisa memakai olive oil yang memiliki manfaat serupa untuk mencerahkan bagian siku hitam dan ketiak hitam. Caranya sangat mudah lho. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ataupun olive oil murni ke bagian kulit yang delap. Pijat dengan lembut sembari menunggu khasiat yang terserap dengan sempurna. Kamu bisa menggunakannya secara rutin, tapi jangan terlalu sering.

Lakukan cara ini dengan rutin dan tetapkan jadwal semisal 2-3 kali seminggu. Kamu juga bisa mengkombinasikan minyak kelapa atau olive oil ini dengan bahan-bahan lainnya. Seperti lemon, madu, ataupun kunyit.

Kunyit

Tips merawat siku dan ketiak hitam dengan bahan alami kunyit.
Perawatan Siku dan Ketiak Hitam/sumber: freepik.com/

Bahan alami lainnya untuk mencerahkan siku hitam dan ketiak hitam adalah dengan memakai kunyit. Selain dipakai untuk bahan masakan, kunyit ternyata bisa dipakai sebagai perawatan kulit juga lho. Kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang tinggi pada kunyit bisa membantu mencerahkan bagian kulit yang gelap. 

Kini kamu enggak harus menghaluskan kunyit sendiri dengan diparut, karena udah tersedia kunyit dalam kemasan bubuk yang bisa mudah didapat di supermarket terdekat. Cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kulit siku dan ketiak yang cerah adalah dengan membuat masker alami dari kunyit.

Kamu bisa mencampurkan parutan kunyit atau bubuk kunyit dengan air biasa. Oleskan ke bagian kulit yang gelap, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih setelahnya. Kamu juga bisa mencampurkan dengan bahan alami lain seperti lemon, minyak kelapa ataupun olive oil. 

Susu

Merawat siku dan ketiak hitam dengan bahan alami susu.
Perawatan Siku dan Ketiak Hitam/sumber: freepik.com/

Buat kamu penggemar minuman susu, saatnya menjadikan minuman favorit kali ini sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit, ladies. Berbagai kandungan yang ada di dalam susu mampu membantu untuk merawat kulit. Kandungan seperti kalsium, zat besi, mineral, dan vitamin memberikan manfaat baik pada kesehatan kulit.

Susu murni jadi alternatif terbaik bagi kamu yang tertarik untuk mencoba tips mencerahkan siku hitam dan ketiak hitam ini. Ada salah satu brand susu murni yang tengah populer dan banyak dipakai para wanita untuk mencerahkan kulit lho. Kamu bisa mencobanya juga.

Caranya dengan mengoleskan susu ke bagian siku dan ketiak. Diamkan beberapa saat dan bilas setelahnya hingga bersih. Kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan-bahan alami yang tadi, Ladies. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya. 

Lidah Buaya

Tips merawat siku dan ketiak hitam dengan bahan alami lidah buaya.
Perawatan Siku dan Ketiak Hitam/sumber: freepik.com/

Aloe vera atau lidah buaya masuk dalam daftar bahan alami selanjutnya yang worth it untuk perawatan kulit. Ada banyak produk kecantikan yang mengandalkan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Kandungan yang kaya akan vitamin dan anti-oksidan dalam bahan alami yang satu ini bisa membantu kamu merawat siku hitam dan ketiak hitam lho.

Cara yang bisa kamu lakukan cukup mudah hanya dengan mengoleskan lidah buaya ke bagian kulit yang gelap. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih setelahnya. Sama seperti bahan-bahan sebelumnya, lidah buaya juga bisa dikombinasikan dengan bahan alami lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kamu bisa membuat masker DIY sendiri di rumah dengan mengandalkan bahan utama lidah buaya, ladies. Bahan alami yang bisa kamu padukan dengan lidah buaya antara lain madu, kunyit, dan juga yogurt.

Madu

Merawat siku dan ketiak hitam dengan bahan alami madu.
Perawatan Siku dan Ketiak Hitam/sumber: freepik.com/

Last but not least, ada bahan alami lainnya yang enggak boleh dilewatkan buat kamu coba untuk mendapatkan hasil kulit siku dan ketiak yang lebih cerah. Caranya dengan memakai madu. Selain dikonsumsi, madu punya berjuta  manfaat lain yang baik bagi tubuh. Salah satunya bagi perawatan kecantikan kulit.

Kandungan anti-oksidan, anti-bakteri, mineral, dan vitamin dalam madu bisa membantu kamu merawat bagian kulit yang gelap. Kamu bisa memakai madu sebagai campuran bahan-bahan alami lainnya. Kamu bisa mencampurkan madu dan lemon, lalu oleskan ke siku hitam dan ketiak hitam. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Selain lemon kamu juga bisa mencampurkan bahan alami lain seperti minyak kelapa, olive oil, kunyit, lidah buaya, dan deretan bahan alami lainnya yang tentunya memiliki manfaat baik buat kesehatan kulit. Pastikan memakai madu murni untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal ya, ladies. 

Merawat dan mencerahkan kulit dengan memakai deretan bahan alami di atas memang terasa aman, Ladies. Karena bahan-bahan alami memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Tapi jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin dan berkelanjutan ya. Karena hasil yang diberikan dari bahan-bahan alami pada kulit cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan produk jadi yang ada di pasaran. Selamat mencoba!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id