sign up SIGN UP

Tips dan Trik Melakukan Facial Massage di Rumah

Phanie Fauziah | Kamis, 28 Jan 2021 15:15 WIB
Tips dan Trik  Melakukan Facial Massage di Rumah
caption

Beberapa orang mungkin membutuhkan perawatan wajah seperti facial. Saat kondisi seperti ini, pergi keluar hanya untuk melakukan facial massage rasanya bukan tindakan yang bijaksana, meskipun banyak klinik kecantikan yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Meski di rumah saja, masalah kulit wajah mungkin akan terjadi. Kondisi seperti ini tidak menghalangi beautinesians untuk melakukan facial, karena kegiatan tersebut ternyata bisa dilakukan di rumah dengan cara yang praktis dan lebih hemat. Intip tips dan trik berikut jika kamu berminat melakukan facial massage di rumah.

 

Membersihkan Wajah

Membersihkan Wajah
Membersihkan Wajah/Freepik

Langkah awal untuk memulai facial massage adalah membersihkan wajah. Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan seluruh minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Jika beautinesians sebelumnya menggunakan make up, pakailah make up remover untuk membersihkannya terlebih dahulu untuk mengangkat sisa-sisa make up yang tidak bisa bersih jika hanya dengan air saja. 

Lalu, bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat. Usahakan suhunya seperti air suam-suam kuku, karena jika terlalu panas akan merusak pembuluh darah di area wajah. Pakailah pembersih wajah sambil memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah untuk mengangkat seluruh minyak dan kotoran, dan mengeksfoliasi kulit serta meningkatkan aliran darah sehingga pori-porinya terbuka dan mudah dibersihkan.

Bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk kering.

 

Memijat Bagian Wajah

Memijat Wajah
Memijat Wajah/Freepik

Facial massage sebetulnya sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu dengan cara tradisional untuk meremajakan kulit dan merawat kulit kusam. Namun, beautinesians perlu mengetahui arah pemijatan harus searah dengan otot dan aliran darah. Berikut langkah tepat untuk melakukan pemijatan wajah secara mandiri:

Langkah Pertama

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk membuat kulit lebih lembab. Oleskan pelembab atau minyak esensial ke seluruh wajah dan bagian leher. Usahakan melakukan gerakan menyapu ke atas untuk membuat wajah tidak kendur.

Langkah Kedua

Pemijatan mulai dilakukan dengan menggunakan dua jari untuk memijat kening, mulai dari batas alis hingga ujung rambut. Pemijatan di area ini akan melancarkan aliran darah dan merawat kulit agar tidak kusam. Kandungan nutrisi dari pelembab akan meresap dengan mudah.

Langkah Ketiga

Gunakan kedua tangan untuk memijat area hidung dan mulut secara bersamaan. Usapkan tangan ke seluruh area wajah beberapa kali. Pemijatan di area ini akan melancarkan aliran darah, mengembalikan vitalitas wajah, mengencangkan otot-otot, dan perawatan kulit kusam.

Langkah Keempat

Langkah facial massage selanjutnya adalah memijat bagian leher. Gunakan seluruh jari dengan gerakan memijat ke bagian atas. Tekankan pada ibu jari untuk bagian tengah leher.

 

Memijat Wajah
Memijat Wajah/Freepik

Facial massage ini bisa dilakukan di pagi hari dengan mencubit pelan daerah wajah, mulai dari tulang pipi sampai garis rahang. Saat malam hari bisa melakukan gerakan melingkar menggunakan jari telunjuk untuk membuat wajah lebih rileks dan membantu mengatasi masalah tidur. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id