sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips dan Trik Mencegah Munculnya Jerawat karena Sering Pakai Masker

Jovita | Minggu, 04 Oct 2020 14:00 WIB
Tips dan Trik Mencegah Munculnya Jerawat karena Sering Pakai Masker
caption

Menjaga kulit wajah agar terhindar dari jerawat tidak mudah, kamu perlu memahami cara kerja kulit dan apa yang dibutuhkannya untuk mencegah timbulnya jerawat. Makin sulit karena sekarang muncul faktor baru yang bisa menjadi kontributor munculnya jerawat, yakni masker.

Rutinitas pemakaian masker setiap kali beraktivitas di luar rumah dapat menyebabkan masalah kulit terbaru yang disebut maskne, atau jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker. Masalahnya, bahkan jika kulitmu tidak rentan terhadap jerawat, tidak ada orang yang sebenarnya kebal terhadap jerawat.

Kondisi new normal membuatmu harus menggunakan masker secara teratur dan untuk jangka waktu yang lebih lama, dan itu dapat memengaruhi kulit. Saat kamu bernapas atau berbicara, pemakaian masker menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap, tempat yang sempurna untuk jamur dan bakteri penyebab jerawat.


Penggunaan masker dapat memicu munculnya jerawat dan dermatitis perioral (kondisi saat jerawat dan pustula halus muncul di sekitar hidung dan mulut). Untungnya, ada cara untuk menjaga maskne tetap terkendali. Berikut beberapa di antaranya!

  1. Jangan menghentikan rutinitas perawatan kulit. Masker tidak bisa melindungimu dari lingkungan atau sinar UV, jadi pastikan untuk tetap memakai tabir surya setiap hari.
  2. Pakai makeup tipis atau tidak pakai makeup sama sekali saat kamu memakai masker.
  3. Jaga kebersihan masker.
  4. Bersihkan dan lembapkan kulitmu segera setelah melepas masker
  5. Hindari kebiasaan menyentuh masker dengan tangan.

Selanjutnya, ada beberapa rutinitas perawatan kulit yang perlu kamu lakukan, Ladies. Berikut beberapa produk perawatan kulit yang bisa kamu gunakan!

The Ordinary – Salicylic Acid 2% Masque

The Ordinary – Salicylic Acid 2% Masque/ Foto: Soompi
The Ordinary – Salicylic Acid 2% Masque/ Foto: Soompi

Produk ini sangat ampuh mencegah maskne. Masker ini mempercantik tampilan kulit, membuatnya halus, cerah, dan terasa segar.

Produk ini mengandung arang dan tanah liat, bahan yang terkenal karena kemampuannya dalam membersihkan secara mendalam. Bahan-bahan tersebut juga membantu menghilangkan kotoran wajah yang tertinggal di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori.

Cosrx – One Step Original Clear Pad

Cosrx – One Step Original Clear Pad/ Foto: Soompi
Cosrx – One Step Original Clear Pad/ Foto: Soompi

Ini adalah produk yang akan menyelesaikan semua masalah maskne-mu. Singkirkan kotoran berlebih pada wajah dengan bantalan kapas lembut yang telah direndam sebelumnya dengan esensi yang diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati dan sebum berlebih ini. Produk ini punya kekuatan melawan jerawat dan gampang banget kamu gunakan, Ladies.

Glow Recipe – Watermelon Glow PHA+BHA Pore-Tight Toner

Glow Recipe – Watermelon Glow PHA+BHA Pore-Tight Toner/ Foto: Soompi
Glow Recipe – Watermelon Glow PHA+BHA Pore-Tight Toner/ Foto: Soompi

Lembapkan kulit sekaligus kencangkan pori-porimu dengan Watermelon Glow PHA+BHA Pore-Tight Toner yang sangat lembut untuk mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal. Formula inovatif ini mengandung keseimbangan bahan-bahan yang meminimalkan tampilan pori-pori dan melembapkan kulit.

Aprilskin – Calendula Foam Cleanser

Aprilskin – Calendula Foam Cleanser/ Foto: Soompi
Aprilskin – Calendula Foam Cleanser/ Foto: Soompi

Pembersih wajah ini memiliki salah satu bahan alam yang paling menakjubkan, minyak calendula. Bahan alam tersebut memiliki sifat antijamur, anti-inflamasi, dan antibakteri yang berguna dalam penyembuhan luka, menenangkan eksim, dan mengatasi bekas jerawat.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id