sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Menghilangkan Stretch Marks pada Payudara

Rumaysha Milhania | Sabtu, 05 Sep 2020 21:00 WIB
Tips Menghilangkan Stretch Marks pada Payudara
caption
Jakarta -

Stretch Marks pada Payudara

Salah satu bagian tubuh wanita yang rentan terhadap munculnya stretch marks adalah payudara. Menariknya, tampilan garis-garis halus ini ternyata tidak hanya muncul karena faktor kehamilan, melainkan juga beberapa beberapa faktor lain, seperti:

Masa Pubertas

Perubahan hormonal yang terjadi selama masa pubertas dapat memicu pertumbuhan jaringan payudara yang cepat. Saat jaringan payudara meningkat, kulit akan meregang. Kulit yang menipis bisa menyebabkan stretch marks pada payudara.

Perubahan hormonal yang terjadi selama masa pubertas dapat memicu pertumbuhan jaringan payudara yang cepat. Saat jaringan payudara meningkat, kulit akan meregang.
Mengobati Selulit/ Sumber: Freepik.com

Kehamilan

Kehamilan adalah penyebab lain yang sangat umum dari stretch mark pada payudara. Ketahui bahwa sekitar enam minggu setelah kehamilan, payudara akan mulai tumbuh karena peningkatan kadar estrogen memicu pertumbuhan payudara dan pertumbuhan saluran susu. 


Kenaikan dan Penurunan Berat Badan

Wanita yang mengalami kenaikan berat badan akan sering memperhatikan bahwa jaringan lemak di payudaranya juga meningkat. Nah, pertambahan ukuran payudara inilah yang nantinya berdampak pada munculnya stretch marks.

Implan payudara dan prosedur augmentasi dapat meregangkan kulit.
Stretch Marks pada Payudara/ Sumber: Freepik.com

Bedah Kosmetik

Implan payudara dan prosedur augmentasi dapat meregangkan kulit. Hal ini sangat umum terjadi pada mereka yang mendapatkan implan payudara dengan ukuran satu cup lebih besar dari ukuran aslinya.

Genetika

Stretch mark sendiri tidak diwariskan. Tetapi jika orang tuamu memiliki stretch marks, kemungkinan besar kamu juga akan memilikinya.

Cara Menghilangkan Stretch Marks pada Payudara

Ada sejumlah perawatan rumahan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stretch marks. Beberapa diantaranya adalah:

  • Memijat kulit. Pijat dapat membantu meningkatkan aliran darah dan memicu produksi kolagen. Itulah sebabnya ini dapat membantu memudarkan stretch marks. Untuk melakukan ini, pijat payudara setidaknya selama 30 detik. Kamu juga dapat mengaplikasikan krim yang dapat mencegah dan menyamarkan stretch marks selama pemijatan untuk mendapatkan hasil terbaik.
Kamu juga dapat mengaplikasikan krim yang dapat mencegah dan menyamarkan stretch marks selama pemijatan untuk mendapatkan hasil terbaik.
Selulit/ Sumber: Freepik.com
  • Lakukan Eksfoliasi. Gunakan brush berbulu lembut atau scrub untuk mempercepat proses produksi kolagen dan memperbaiki penampilan kulit. Pilih satu produk eksfoliasi untuk menghindari iritasi.
  • Cocoa butter atau shea butter. Kamu bisa membeli dua jenis butter ini dalam krim yang mengandungnya. Keduanya mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. 

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tahu seputar stretch marks pada payudara. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id