sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Menjaga Kulit Kepala Tetap Sehat Dengan Hijab

Denisha | Selasa, 25 Aug 2015 01:30 WIB
Tips Menjaga Kulit Kepala Tetap Sehat Dengan Hijab
caption
Rambut adalah mahkota bagi wanita. Jika mahkota wanita rusak, maka kepercayaan dirinya pun menurun. Bagaimana jika Minasan selalu menutupi mahkotanya dengan hijab? Rambut akan rentan rontok dan berketombe jika tidak dirawat dengan baik. Jangan khawatir, Minasan bisa ikuti gaya hidup modern untuk kulit sehat. Yuk, simak beberapa tips berikut, agar kulit kepala tetap sehat dengan hijab!

1. Konsumsi Makanan Bergizi


Mengonsumsi makanan bergizi membuat perlindungan bagi kulit kepalamu agar lebih kuat. Minasan dapat memasuki makanan dan minuman berikut ke dalam list santapan sehari-hari.
Foto: https://2.bp.blogspot.com/-kAOxdZy2YKQ/UzT9t-8i9TI/AAAAAAAAAEI/BVp_Am7gxv8/s1600/Menu+Makanan+Sehat+Sahur.jpg
a. Ikan mengandung protein, vitamin B-12 dan zat besi, nutrisi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Jenis ikan yang baik untuk kesehatan rambut seperti tuna, dan sarden yang sangat bagus untuk mencegah kulit kepala menjadi kering.
b. Telur mengandung protein yang menguatkan rambut. Kaya akan biotin yang baik untuk pertumbuhan rambut, kesehatan kulit, dan kuku.
c. Unggas ternak yang kaya akan protein dan zat besi sangat baik untuk kesehatan rambut.
g. Sayuran hijau kaya akan vitamin A dan C, kalsium, dan zat besi. Dengan rajin mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu memperkuat rambut.

2. Rutinlah Berkeramas


Bersihkanlah rambut secara rutin, minimal 2 kali sehari. Rutin berkeramas membuat kulit kepalamu tetap sehat dan segar. Gunakan kondisioner setelah menggunakan sampo. Kondisioner menjaga rambut tetap kuat dan berkilau. Pilih kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Jika rambutmu cenderung rontok, pilihlah untuk rambut rontok. Orang yang menggunakan kondisioner memiliki rambut 10-15% lebih kuat dibanding mereka yang tidak menggunakannya.

3. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang


Gunakan ikat rambut untuk mengatur rambutmu agar rapi. Jangan mengikat rambut terlalu kencang, hal ini membuat rambutmu sulit bernapas. Hindari menggunakan karet gelang.
Foto: https://breaktime.co.id/lib/manage/0612178a.jpg

4. Hindari Menggunakan Hijab Saat Rambut Masih Basah


Pastikan rambutmu dalam keadaan kering sebelum menggunakan jilbab. Rambut yang basah akan menyebabkan rambut apek, berketombe, dan rusak. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk. Caranya dengan menepuk-nepuk rambut dari bagian dalam rambut. Jangan mengeringkannya dengan cara digosok-gosok, karena rambut luarmu akan rusak dan mudah patah.

5. Cermat Memilih Bahan Hijab


Rambut yang selalu tertutup, akan sangat mudah menimbulkan keringat jika kita berada dalam ruang yang bersuhu panas. Untuk itu, sangat perlu memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat. Rayon, katun, lycra atau spandex, kaos, dan voile adalah bahan hijab yang sangat baik digunakan di siang hari, karena mudah menyerap keringat.
Foto: https://deltagrosir.com/wp-content/uploads/2015/07/Tips-Memilih-Hijab.jpg

6. Perhatikan Dalaman Hijab (Ciput)


Jika Minasan terbiasa menggunakan ciput, perhatikan juga bahan ciput yang digunakan. Sebaiknya gunakan ciput yang berbahan kaos atau katun. Hindari penggunaan ciput yang terlalu ketat, hal itu dapat menyebabkan rambut sulit bernapas karena sirkulasi udara yang tertutup.
Foto: https://busanamuslimindonesia.files.wordpress.com/2011/12/cm01-hitam1.jpg
Hijab sekarang sudah menjadi tren di Indonesia. Walaupun menggunakan hijab, tidak ada alasan untuk tidak merawat kulit kepala dan rambutmu, karena cantik luar dan dalam itu kewajiban semua wanita. Mengikuti gaya hidup modern untuk kulit sehat itu mudah, lho! Selamat mencoba, Minasan!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id