sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berjerawat

Ika Dyah | Kamis, 13 Aug 2015 10:00 WIB
Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berjerawat
caption
Memiliki wajah berjerawat memang membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatan kulit. Susah? Tidak juga. Sebenarnya Minasan cukup melakukan hal-hal sederhana secara rutin setiap hari. Beberapa hal sederhana terkadang justru terlupakan atau malas melakukannya. Hal sederhana apa sajakah sebenarnya yang bisa Minasan lakukan untuk perawatan wajah berjerawat?

Rajin Mencuci Muka


Untuk perawatan wajah berjerawat sebenarnya cukup mudah. Hal yang pertama adalah rajin mencuci muka. Setelah Minasan beraktivitas seharian, terutama di luar ruangan pasti banyak kotoran menempel di muka Minasan. Kotoran ini nantinya jika tidak cepat dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Bersihkan atau cuci muka Minasan 2 kali dalam sehari. Kenapa cukup 2 kali saja? Karena terlalu sering mencuci muka juga tidak bagus. Kandungan minyak di kulit muka Minasan akan berkurang dan kulit justru menjadi kering. Jerawat memang ditimbulkan karena minyak di wajah, namun itu terjadi jika berlebihan karena sebenarnya kulit wajah juga membutuhkan minyak untuk tetap lembab.
Foto: https://health.detik.com/read/2013/06/12/134444/2271266/763/makin-sering-cuci-muka-wajah-malah-makin-berminyak-lho

Membersihkan Sisa Makeup


Mencuci muka Minasan mungkin bisa membantu menghilangkan kotoran yang melekat di wajah. Akan tetapi bagaimana dengan sisa makeup? Mencuci muka dengan sabun muka terkadang tidak sepenuhnya bisa mengangkat makeup di wajah Minasan. Alas bedak atau foundation yang tebal, eye shadow, atau mascara biasanya memerlukan produk khusus yaitu makeup remover. Jadi setelah Minasan mencuci muka dengan sabun atau facial foam, Minasan bisa melanjutkan membersihkan wajah Minasan dengan susu pembersih dan toner serta makeup remover untuk mengangkat sisa-sisa makeup dengan sempurna.

Gunakan Produk Khusus untuk Kulit Berjerawat


Minasan hendaknya menggunakan produk yang diracik khusus untuk kulit berjerawat. Baik itu sabun muka ataupun kosmetik. Biasanya produk ini ada keterangan anti acne. Jika Minasan menggunakan sabun muka, gunakan yang teksturnya halus bukan yang scrub. Minasan juga bisa memilih produk yang ada keterangan oil control di kemasannya. Hal ini dikarenakan oil control berfungsi mengontrol kadar minyak di wajah dan produksi kadar minyak yang berlebihan. Meskipun semua produk yang Minasan pilih memiliki keterangan anti acne atau oil control, Minasan juga harus tetap memperhatikan apakah produk itu cocok di kulit Minasan. Belum tentu semua produk khusus kulit berjerawat cocok di kulit Minasan. Jadi, jika ada tanda-tanda alergi atau iritasi sebaiknya dihentikan atau konsultasikan pada dokter kulit.
Foto: https://www.tokopedia.com/tokoauracitra/pixy-facial-foam-anti-acne/review

Perbanyak Konsumsi Air Putih


Mengapa air putih? Kebutuhan air pada tubuh Minasan sangat tinggi, oleh karena itu Minasan harus banyak minum air putih untuk terhindar dari dehidrasi. Tercukupinya kebutuhan air pada tubuh juga berpengaruh terhadap kelembaban kulit Minasan, tidak terkecuali kulit wajah.

Mengatur Pola Makan


Bukankah mengatur pola makan hanya untuk orang yang sedang diet? Tentu tidak. Salah satu perawatan wajah berjerawat adalah dengan mengatur pola makan. Sia-sia saja jika Minasan sudah mengikuti 4 hal di atas namun tetap makan sembarangan. Perbanyak makan buah dan sayuran. Kurangi makanan bersantan dan gorengan karena kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu Minasan juga harus tahu penyebab munculnya jerawat pada diri sendiri, karena beberapa kasus jerawat muncul jika terlalu banyak mengkonsumsi protein.
Foto: https://cnidc715.com/2011/11/27/pentingnya-mengatur-pola-makan-sejak-dini/
Nah, mudah bukan cara perawatan wajah berjerawat? Jika memang 5 hal sudah dilakukan namun jerawat Minasan masih juga muncul jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kulit yang terpercaya, ya, Minasan!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id