sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips untuk Atasi Minyak Berlebih di Area T-Zone Secara Praktis dan Alami

Agestia Jatilarasati | Jumat, 14 Apr 2017 05:00 WIB
Tips untuk Atasi Minyak Berlebih di Area T-Zone Secara Praktis dan Alami
caption
Area t-zone ini seringkali mengeluarkan lebih banyak minyak dibanding bagian lainnya sehingga terkadang masalah seperti komedo dan jerawat kerap kali muncul. Lalu bagaimana mengatasinya ya? Mudah saja! Yuk simak tips ini!


 


1. Pembersih Wajah Khusus Kulit Berminyak


Minyak pada wajah diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang dikeluarkan melalui pori-pori wajah. Untuk itu, kebersihan pori-pori pada area T-zone harus selalu terjaga. Caranya adalah dengan menggunakan pembersih wajah khusus untuk wajah berminyak. Biasanya, pembersih wajah yang ampuh untuk kulit berminyak mengandung salicylic acid atau purifying clay yang aman dan efektif untuk mengecilkan pori-pori sehingga mampu meminimalisir produksi minyak berlebih pada area T-zone wajahmu.


Foto: https://wolipop.detik.com/read/2013/08/08/110730/2325809/234/cara-mengontrol-minyak-di-wajah


 



2. Air Garam


Garam ternyata mampu untuk mengatasi minyak pada wajah lho. Garam yang dicampur dengan air akan mampu untuk menyerap minyak. Caranya adalah campurkan satu sendok teh garam pada satu gelas air hangat, aduk hingga garam larut. Basuh wajahmu dengan air garam dan diamkan beberapa saat. Lalu bilas dengan air dingin. Mudah, kan?
Foto: https://infoberitaokezone.blogspot.co.id/2016/01/inilah-manfaat-luar-biasa-minum-air.html


 


3. Lemon atau Jeruk Nipis


Lemon dan jeruk nipis memang salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama untuk kecantikan. Kandungan asam sitrat yang melimpah mampu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah kamu termasuk area T-zone. Selain itu, lemon atau jeruk nipis mengandung vitamin C juga berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Kamu dapat membuat masker dari setengah buah lemon atau 1 jeruk nipis yang diperas lalu beri sedikit madu. Aplikasikan pada area t-zone wajah atau keseluruhan wajah selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Atau, setelah kamu menggunakan toner, usapkan perasan air lemon atau jeruk nipis di area t-zone wajahmu. Tunggu 1-2 menit lalu bilas dengan air dingin.


Foto: https://fiestafarms.ca/14023/food/syrian-cuisine-preserved-lemon


 


4. Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya memang dikenal sangat bermanfaat untuk kecantikan terutama kecantikan rambut. Namun, ternyata lidah buaya ternyata juga bisa untuk mengatasi masalah kulit berminyak lho. Lidah buaya dapat menyehatkan jaringan kulit dan menjaga keseimbangan pH kulit. pH kulit yang terjaga akan membuat produksi minyak pada wajah menjadi seimbang. Caranya, kupas kulit lidah buaya lalu ambil cairan lidah buaya. Aplikasikan pada area t-zone wajahmu secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengar air dingin.


Foto: https://lidah-buaya.com/

Selamat mencoba!

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id