sign up SIGN UP

SKINCARE

Tumbuh liar, Centella Asiatica Punya Banyak Manfaat untuk Kulit

Phanie Fauziah | Kamis, 29 Apr 2021 19:30 WIB
Tumbuh liar, Centella Asiatica Punya Banyak Manfaat untuk Kulit
caption
Jakarta -

Centella asiatica atau biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan daun pegagan atau juga rumput harimau ini sedang banyak diperbincangkan karena khasiat yang baik untuk kecantikan. Tanaman yang tumbuh liar ini dijadikan ekstrak untuk bahan produk perawatan wajah. Popularitasnya bahkan sudah tak asing di kalangan Korean beauty.

Tapi tahukah Beautynesians? Centella asiatica ini ternyata sudah dipakai selama berabad lamanya untuk bahan utama dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Kemudian penelitian modern memformulasikannya untuk dijadikan salah satu bahan dalam produk kecantikan. Nah! Kira-kira apa saja ya manfaat Centella asiatica untuk kulit?

Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga Kelembapan Kulit
Menjaga Kelembapan Kulit/Freepik

Bagi Beautynesians yang memiliki kulit Cenderung kering, produk kecantikan yang mengandung ekstrak Centella asiatica bisa menjadi pilihan yang baik. Pasalnya kandungan saponin dari tanaman ini mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit, serta menahan penguapan air dari lapisan epidermis kulit. Centella asiatica mampu meningkatkan minyak alami kulit atau sebum. So, kulit kamu akan tetap lembap, elastisitas kulit terjaga, serta terhindar dari kusam, keriput, dan kulit gatal.

Mencegah dan Mengurangi Kerusakan Kulit

Mencegah Penuaan Dini
Mencegah Penuaan Dini/Freepik

Centella asiatica merupakan tanaman herbal yang kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid. Antioksidan dalam tanaman ini mampu mencegah kerusakan sel yang menyebabkan penuaan dini pada kulit dan mengurangi peradangan.

Mempercepat Penyembuhan Luka pada Kulit

Luka Bakar pada Kulit
Luka Bakar pada Kulit/Freepik

Salah satu manfaat lain dari Centella asiatica adalah mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit karena mengandung terpenoid. Kandungan zat aktifnya juga mampu meningkatkan produksi kolagen dan menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Ekstrak Centella asiatica dapat digunakan untuk luka bakar pada kulit, luka pasca operasi, luka penderita diabetes, dan luka akibat robekan.

Mengurangi Selulit dan Mencegah Stretch Marks

Stretch Marks
Stretch Marks/Freepik

Berat badan yang terus meningkat dalam waktu cepat akan menimbulkan masalah pada kulit seperti selulit. Masalah kulit ini biasanya akan mengganggu penampilan. Penggunaan ekstrak Centella asiatica ini bisa mengurangi masalah selulit dengan mengoleskan di area tubuh yang terkena masalah.

Selain selulit, stretch mark juga menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering membuat orang merasa tidak percaya diri dengan tampilannya. Meskipun belum efektif memudarkan stretch marks, ekstrak tanaman ini bisa digunakan melalui produk skincare dengan kandungan sebesar 2,5% dan 5%. Namun, pastikan untuk tidak digunakan saat sedang hamil dan menyusui.

Mengurangi Peradangan

Dermatitis
Dermatitis/Freepik

Senyawa saponin dalam Centella asiatica mampu menghambat sel-sel yang memicu peradangan kulit, sehingga akan memberikan perlindungan pada kulit dan meredakan iritasi kulit. Ekstrak Centella asiatica juga mampu meringankan gejala penyakit kulit tertentu, seperti eksim atopik. psoriasis, dermatitis, dan scleroderma.

Meskipun banyak memiliki manfaat, efek penggunaan ekstrak ini masih diperlukan penelitian lebih. Apabila mengalami keluhan setelah menggunakan produk yang mengandung ekstrak Centella asiatica, pastikan Beutynesians untuk menghentikannya dan coba untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi kulit. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id