sign up SIGN UP

SKINCARE

Tumit Pecah-Pecah Bikin Gak Pede? Atasi dengan 4 Bahan Alami Ini!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 09 Sep 2020 10:00 WIB
Tumit Pecah-Pecah Bikin Gak Pede? Atasi dengan 4 Bahan Alami Ini!
caption
Jakarta -

Memiliki tumit yang kasar karena pecah-pecah tentu bikin enggak percaya diri dan mengganggu. Penyebab utama hal ini terjadi adalah karena kelembaban kulit yang hilang. Sehingga kulit menjadi kering dan mudah retak. Nah, untuk kamu yang mengalami hal ini, Beautynesia.id punya beberapa tips alami untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Yuk simak rangkumannya di bawah ini!

Alpukat

kandungan vitamin A, vitamin E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi lainnya yang dapat mempercepat proses penyembuhan tumit pecah-pecah.
Alpukat/freepik.com

Bukan hanya untuk dikonsumsi, Alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan tubuh lho! Salah satunya adalah untuk mengatasi tumit yang pecah dan kering. Sebab, buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi lainnya yang dapat mempercepat proses penyembuhan tumit pecah-pecah. Caranya, campurkan alpukat, pisang, dan madu hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada area tumit yang pecah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Jika sudah selesai, bilaslah dengan air hangat hingga bersih.


Bawang Putih dan Madu

Kandungan antibakteri dan antimikroba di dalam dua bahan inilah yang dapat membantu melembabkan sekaligus mempercepat proses penyembuhan tumit kakimu yang pecah-pecah.
Bawang Putih/freepik.com

Meskipun baunya menyengat, bawang putih juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Kandungan antibakteri dan antimikroba di dalam dua bahan inilah yang dapat membantu melembabkan sekaligus mempercepat proses penyembuhan tumit kakimu yang pecah-pecah. Cara menggunakan bahan yang satu ini adalah dengan memarut 4 siung bawang putih dan campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah pada malam hari sebelum tidur. Saat kamu bangun, bersihkan tumit dengan air dingin lalu oleskan madu setelahnya.

Minyak Kelapa

Minyak yang satu ini juga ampuh untuk mengatasi kulit kering, eksim, dan psoriasis. Sebab, minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membantu mempertahankan kelembaban.
Minyak Kelapa/freepik.com

Minyak kelapa bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Minyak yang satu ini juga ampuh untuk mengatasi kulit kering, eksim, dan psoriasis. Sebab, minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membantu mempertahankan kelembaban. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antimikroba minyak kelapa juga dapat memperbaiki tumit pecah yang rentan berdarah atau mengalami infeksi. Oleskanlah minyak zaitun pada area tumit yang pecah secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Minyak Zaitun

minyak zaitun dapat membantu melembabkan kulit serta merangsang sirkulasi darah.
Minyak Zaitun/freepik.com

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi tumit pecah dan kering. Hal ini dikarenakan minyak zaitun dapat membantu melembabkan kulit serta merangsang sirkulasi darah. Cara untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun setelah merendamkan kaki. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukanlah perawatan ini secara rutin.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id