sign up SIGN UP

SKINCARE

Ups, Jangan Salah! Inilah Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 15 Jul 2020 21:30 WIB
Ups, Jangan Salah! Inilah Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi
caption

Kulit kering dan kulit dehidrasi tampaknya seringkali disalah artikan. Padahal nyatanya, kedua kondisi ini sangat berbeda baik itu penyebab, ciri-ciri dan juga penanganannya.

Oleh sebab itu mengetahui secara pasti kondisi kulit yang dialami perlu untuk menentukan penanganan yang tepat. Agar tidak salah lagi, berikut adalah perbedaan kulit kering danĀ kulit dehidrasi.

Penyebab

Kulit kering disebabkan oleh faktor genetik dan kulit dehidrasi lebih disebabkan faktor eksternal
penyebab kulit kering/freepik.com

Perbedaan pertama dan tentunya paling mendasar adalah penyebab dua kondisi kulit ini. Kulit kering disebabkan oleh faktor genetik dimana produksi minyak alami dari folikel rambut berkurang.


Oleh sebab itu, usia juga akan turut berpengaruh pada kondisi kulit dikarenakan pertambahan usia membuat produksi minyak menurun. Kulit kering ini merupakan salah satu jenis kulit di samping kulit kombinasi dan juga normal. Jadi, secara alamiah seseorang bisa memiliki jenis kulit ini.

Nah, sementara itu kulit dehidrasi disebabkan oleh berbagai faktor eksternal seperti cuaca ekstrem, polusi, obat-obatan serta eksfoliasi yang berlebihan. Hal-hal ini membuat tubuh kekurangan cairan dalam jumlah banyak sehingga terjadilah dehidrasi pada kulit. Kulit dehidrasi ini bisa dialami oleh jenis kulit apapun termasuk kulit kering, kombinasi maupun normal. Alhasil, pemilik kulit kering apabila mengalami dehidrasi tentu akan semakin lebih parah lagi.

Ciri-Ciri

kulit kering memiliki ciri-ciri visual yang cenderung agak keriput dan kisut
kulit kering/freepik.com

Kulit kering dan kulit dehidrasi juga punya ciri-ciri yang berbeda. kulit kering memiliki ciri-ciri visual yang cenderung agak keriput dan kisut. Biasanya tampilan tersebut juga diikuti dengan kemerahan, rasa gatal dan terdapat lapisan kulit mati yang warnanya putih pada bagian siku.

Sementara itu, kulit dehidrasi akan terasa tidak kenyal dan lebih kencang. Ini terjadi karena lapisan kulit terluar memproduksi lebih banyak minyak guna menghidrasi kulit lebih baik. Selain itu, pori-pori kulit biasanya akan terlihat jelas disertai dengan tekstur yang bersisik, kasar, mudah terbentuk serpihan dan juga kering.

Penanganan yang Sesuai

Menggunakan pelembap yang sesuai adalah solusi kulit kering dan kulit dehidrasi
perawatan kulit/freepik.com

Ketika sudah mengetahui kondisi kulit secara pasti, maka selanjutnya ialah memastikan penanganan yang tepat. Menggunakan pelembap dengan kandungan ceramide dan Hyaluronic acid bisa mengatasi kulit dehidrasi sekaligus kering. Namun di samping itu tidak semua formula cocok untuk digunakan.

Untuk kamu yang kondisi kulitnya dehidrasi, sebaiknya gunakan kandungan lidah buaya, madu, gliserin, asam sitrat dan asam sitrat. Sementara itu, kamu yang punya jenis kulit kering, sebaiknya gunakan kandungan minyak tumbuhan seperti tea tree oil, jojoba oil, mawar, minyak biji-bijian seperti almond, rami, kelapa, shea butter dan juga lanolin.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id