sign up SIGN UP

SKINCARE

Urutan Skincare Pagi yang Tepat untuk Pemula

Esra Dopita | Sabtu, 12 Sep 2020 09:30 WIB
Urutan Skincare Pagi yang Tepat untuk Pemula
Foto: https://unsplash.com/@kxvn_lx

Perawatan kulit menggunakan produk skincare belakangan menjadi pilihan yang banyak dilakukan orang untuk mendapat kulit yang bersih, sehat, dan glowing. Skincare  dilakukan pada pagi dan malam hari. Setiap produk skincare diaplikasikan secara bertahap atau berurutan.

Sayangnya, banyak beauty enthusiast yang masih belum mengerti urutan pemakaian skincare, terutama para pemula. Padahal, menggunakan produk skincare dengan urutan yang tepat merupakan kunci penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dan mengatasi permasalahan kulit yang dialami.

Nah, agar lebih paham, berikut ini urutan skincare pagi yang tepat bagi pemula. 


Facial Wash

Facial wash merupakan produk skincare pertama yang digunakan pada pagi hari. Facial wash berfungsi membersihkan wajah dari minyak, keringat, kotoran, serta sisa-sisa skincare pada malam hari.
https://unsplash.com/@charissek

Facial wash merupakan produk skincare pertama yang digunakan pada pagi hari. Facial wash berfungsi membersihkan wajah dari minyak, keringat, kotoran, serta sisa-sisa skincare pada malam hari. Pilih pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit.

Contohnya, kulit berminyak dan berjerawat, dapat memilih facial wash dengan kandungan salicylic acid, hyaluronic acid, atau sulfur. 

Toner

Toner berkhasiat menyeimbangkan pH kulit wajah serta membersihkan wajah dua kali lipat setelah pemakaian facial wash.
https://wolipop.detik.com/

Setelah facial wash, aplikasikan toner. Penggunaan toner pada pagi hari kerap dilewati lantaran dianggap tidak terlalu penting dan hanya digunakan pada malam hari. Padahal, toner juga menjadi skincare routine yang wajib diaplikasikan pada pagi hari. Toner berkhasiat menyeimbangkan pH kulit serta membersihkan wajah dua kali lipat setelah pemakaian facial wash.

Serum

Aplikasikan serum beberapa menit setelah toner. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit.
https://unsplash.com/@contentpixie

Sama dengan toner, serum juga dapat digunakan pada pagi hari. Aplikasikan serum beberapa menit setelah toner. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan kulit. Untuk kulit kusam, misalnya, pilih serum yang dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. 

Pelembap

Pelembap berkhasiat mengembalikan protein keratin pada kulit wajah yang dapat membuat wajah tetap lembap, halus, dan sehat selama seharian.
https://wolipop.detik.com/

Pelembap menjadi skincare pagi yang wajib digunakan. Pelembap berkhasiat mengembalikan protein keratin pada kulit wajah yang dapat membuat wajah tetap lembap, halus, dan sehat selama seharian. Selain itu, pelembap juga berkhasiat menutrisi kulit, menjaga elastisitas kulit, serta menjadi penghalang makeup untuk tidak langsung menempel di wajah. Aplikasikan pelembap beberapa menit setelah serum.

Sunscreen

Sunscreen memiliki manfaat melindungi kulit wajah dari paparan dan dampak buruk sinar UV seperti kulit terbakar, bintik-bintik hitam, penuaan dini, serta kanker kulit.
https://wolipop.detik.com/

Skincare wajib yang digunakan pada pagi hari adalah sunscreen. Sunscreen diaplikasikan beberapa menit setelah pelembap. Sunscreen berfungsi melindungi kulit wajah dari paparan dan dampak buruk sinar UV seperti kulit terbakar, bintik-bintik hitam, penuaan dini, serta kanker kulit. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Aplikasikan sunscreen ke seluruh wajah, termasuk kelopak mata.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id