sign up SIGN UP

SKINCARE

Waduh, Selalu Memakai Skincare Routine yang Sama Ternyata Bisa Beri Efek Ini ke Kulitmu!

Yasmin Artyas | Rabu, 09 May 2018 08:00 WIB
Waduh, Selalu Memakai Skincare Routine yang Sama Ternyata Bisa Beri Efek Ini ke Kulitmu!
caption
Banyak wanita yang setia banget pada satu skin care selama beberapa waktu. Apalagi jika sudah merasa cocok dengan skincare tersebut, dipastikan selama bertahun-tahun enggan menggantinya. Tapi, apakah tidak mengganti skin care efektif itu efektif?

Amati Perubahan Kulit


Memakai skin care yang sama dan tidak pernah menggantinya dalam jangka waktu panjang sebenarnya tidak masalah, ladies. Namun, tubuh manusia mengalami banyak perubahan seiring berjalannya waktu, termasuk kulit. Perubahan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya seperti stres, perubahan cuaca, pertambahan usia, perubahan hormon, dan lain-lain. Faktor ini yang  membuat kulit berada dalam kondisi yang lebih kering atau lebih berminyak dibanding sebelumnya. Nah, perubahan ini harus kita amati agar kita bisa menentukan produk perawatan muka yang tepat.


Foto: https://www.kaskus.co.id

Lalu, apa hubungannya perubahan kulit dengan skin care yang sedang digunakan? Tentu berhubungan, dong. Kulit yang mengalami perubahan nggak akan cocok dengan produk perawatan muka dalam skin care routine-mu saat ini. Setidaknya, skin care yang sedang kamu gunakan tidak lagi berfungsi secara efektif atau berkurang manfaatnya. Inilah mengapa penting banget mengganti skin care secara berkala atau seperlunya agar dapat memenuhi kebutuhan kulit.


 


Dampak Buruk Penggunaan Skin Care yang Sama


Jangan mengira penggunaan skin care yang sama terus-menerus walau kulit mengalami perubahan tidak menimbulkan dampak buruk. Skin care yang dipakai dalam jangka waktu panjang namun tidak menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit akan membuat skin care routine-mu sia-sia dan malah menyebabkan terjadinya berbagai masalah kulit seperti jerawat, iritasi akibat bahan skin care yang terlalu keras, bahkan kulit kusam serta kehilangan sinarnya karena kulit merasa jenuh dan kinerja pergantian sel dalam kulit terganggu.


Foto: https://www.teenvogue.com



 


Kapan Saatnya Mengganti Skin Care?


Kalau kamu sampai mengalami dampak buruk yang disebutkan sebelumnya, artinya kulit sudah tidak dapat beradaptasi lagi dengan produk skin care yang kamu gunakan. Meski banyak orang mengatakan bahwa normal-normal saja jika produk perawatan muka menimbulkan efek berbeda setelah waktu pemakaian cukup lama, namun hal itu merupakan penanda bahwa produk tidak cocok di kulitmu.  Karena jika dipikir kembali, produk perawatan muka yang cocok untuk kulit tidak akan menimbulkan reaksi apapun.
 


Foto: https://www.avoskinbeauty.com


Nggak hanya munculnya dampak buruk aja yang menjadi penentu waktu mengganti skin care, saat kondisi kulit berubah juga menjadi tanda kamu harus segera menggantik produk skin care dalam skin care routine-mu. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami perubahan seperti kehilangan kelembaban, menjadi kendur, kehilangan elastisitas karena menurunya produksi kolagen, dan sebagainya. Maka itu, penting banget untuk mengganti skin care-mu dengan produk yang sesuai untuk kebutuhan kulitmu, seperti produk yang mengandung anti-aging untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti yang disebutkan.

Sekarang kamu sudah mengerti betapa pentingnya untuk mengetahui kebutuhan kulit. Mulailah untuk paham dan teliti mencermati kondisi kulit karena menjaga kecantikan itu penting, ladies!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id