sign up SIGN UP

SKINCARE

Wajah Kering dan Kusam? Ini Tips dan Trik Tetap Cantik Saat Puasa Ramadan

Dian Aprilia | Kamis, 22 Apr 2021 20:00 WIB
Wajah Kering dan Kusam? Ini Tips dan Trik Tetap Cantik Saat Puasa Ramadan
caption

Saat puasa Ramadan, kita diwajibkan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman kira-kira selama 12-13 jam. Hal ini rentan menyebabkan berbagai masalah kecantikan, diantaranya adalah kulit kering, kusam, muncul jerawat, mata sayu dan sembab, serta rambut rontok. Hal ini dikarenakan, selama puasa kita kekurangan asupan cairan dan juga nutrisi.

Nah untuk mengatasi masalah wajah kering dan kusam, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap cantik dan fresh saat puasa Ramadan.

Memenuhi asupan cairan untuk kulit

Minum
Minum/pexels.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memenuhi asupan cairan untuk kulit. Langkah ini tidak boleh diabaikan dan disepelekan. Sebab asupan air yang cukup bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan membuatnya tampak cerah.

Selain itu, asupan cairan yang cukup juga membuat kulit lebih halus dan kenyal. Bahkan minum air disebut lebih penting dibandingkan memakai krim topikal. Oleh sebab itu, perhatikan jumlah cairan yang masuk ke tubuh saat sahur dan berbuka puasa. Jangan sampai kamu mengonsumsi air kurang dari 2 liter ya.

Makan buah saat sahur dan berbuka

Makan buah
Makan buah/pexels.com

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengonsumsi buah-buahan baik saat berbuka dan sahur. Agar tidak lupa, kamu bisa siapkan stok buah mingguan di kulkas dan sajikan tiap buka dan sahur.

Buah dan sayur yang bagus untuk kulit diantaranya adalah lemon, kentang, bluberi, tomat, alpukat, pepaya, jambu biji, pisang dan jeruk. Kamu bisa menyajikannya jadi es buah, es teler, jus, smoothies, atau dikonsumsi langsung.

Menjaga kebersihan kulit

Skincare
Skincare/pexels.com

Jam biologis yang berubah saat berpuasa, membuat jadwal jadi berantakan. Jika biasa kamu rutin membersihkan wajah saat malam hari sebelum tidur, kamu jadi kelupaan karena tidur lebih awal. Hal ini membuat kulitmu dihinggapi debu, kotoran dan make up semalaman.

Dampaknya, memicu munculnya jerawat, komedo, beruntusan dan berbagai masalah lainnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengatur jadwal baru dalam merawa kulit, agar tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya.  

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup/pexels.com

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah beristirahat yang cukup. Istirahat yang cukup bisa mengurangi kantong mata dan garis-garis halus di sekitar mata. Selain itu beristirahat yang cukup juga membantu proses regenerasi kulit menjadi optimal. Sebab saat tidur, asupan oksigen dalam aliran darah menuju kulit menjadi meningkat.

Itulah 4 tips yang perlu kamu lakukan agar wajah terlihat lebih segar dan cantik saat berpuasa Ramadan. Selamat mencoba!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id