sign up SIGN UP

SKINCARE

Wajah Mulus Tanpa Jerawat Meski Pake Masker Setiap Hari? Ini 5 Rahasianya!

Izzul Millati Umami | Jumat, 23 Apr 2021 19:00 WIB
Wajah Mulus Tanpa Jerawat Meski Pake Masker Setiap Hari? Ini 5 Rahasianya!
caption

Wajah yang mulus tanpa jerawat memang dambaan semua orang. Namun, gimana lagi kalau aktivitas saat ini mengharuskan kamu pakai masker terus? Bakalan ngefek ke kondisi kulit tentunya, kan? Jerawat dan komedo pun jadi rentan muncul dengan kebiasaan baru ini. 

Tetap tenang, ya! Ada 5 hack yang harus kamu coba supaya wajah kamu tetap mulus tanpa jerawat meski sering pakai masker.

1. Seringlah mencuci masker

mencuci masker
mencuci masker/sumber:pexels.com

Bagi kamu yang punya wajah sensitif, tentunya perlu meminimalisir wajah terkena kuman dan kotoran. Meski penggunaan masker bisa menangkal kotoran dari luar, namun kalau masker pada akhirnya kotor, justru wajah kamu bisa terkontaminasi bakteri buruk.

Oleh karena itu, sebaiknya cuci wajah dengan sabun sesering mungkin. Ada baiknya satu masker kain yang kamu gunakan maksimal untuk 1 hari saja. Segera cuci setelah memakainya dari luar, ya!

2. Selalu cuci wajah sesering mungkin

mencuci wajah
mencuci wajah/sumber:pexels.com

Sesaat setelah melepas masker, jangan lupa untuk mencuci wajah sesering mungkin. Setelah menggunakan masker, tentunya wajah bakalan terkontaminasi dengan kotoran dari luar. So, usahakan untuk membersihkan wajah, ya!

Setelah melepas masker, cuci lah tangan terlebih dahulu, kemudian baru bersihkan muka dengan sabun wajah. 

3. Hindari menggunakan masker kotor

Penggunaan masker kotor yang sama berulang kali justru membuat wajah jadi lebih rentan terkena jerawat. Kotoran pada masker akhirnya menempel mengenai muka, membuat bakteri aktif menyerang wajah, dan kemudian bam! jerawat pun muncul. Solusinya adalah dengan menghindari penggunaan masker kotor. Buang masker kotor medis yang sudah tidak dipakai ke tempat sampah. 

4. Hindari menggunakan make up terlalu tebal

make up
make up/sumber:pexels.com

Sudah pakai masker, namun juga pakai make up yang sangat tebal saat pergi beraktivitas? Hindari, ya! Hal ini justru akan menutup pori-pori wajah kamu, loh. Memakai make up tidak masalah, namun selalu yakin untuk menggunakannya sewajarnya saja. Ini supaya kulit muka bisa bernafas

5. Gunakan skincare secukupnya

skincare
skincare/sumber:pexels.com

Ladies, gunakan skincare sewajarnya saja saat penggunaan masker jadi makin sering. Cukup dengan moisturizer dan sunscreen sudah cukup, kok. Sama seperti make up, skincare secukupnya membuat kulit jadi bernafas dengan tenang. Kalau pun ingin menggunakan cream, pakai saat malah hari sebelum tidur saja.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id