sign up SIGN UP

SKINCARE

Wajib Tahu! Inilah yang Dilakukan Salicylic Acid pada Kulit Kamu

Astari Dewi Larasati | Minggu, 30 Aug 2020 12:00 WIB
Wajib Tahu! Inilah yang Dilakukan Salicylic Acid pada Kulit Kamu
caption
Jakarta -

Memakai skincare memang suatu keharusan bagi tiap wanita, sayangnya kebanyakan tidak memperhatikan lebih teliti kandungan apa di dalam produk skincare yang dipakai. Karena kandungan skincare saat ini sudah banyak dan bermacam-macam jenisnya, pemakai perlu mempelajari apa kandungan tersebut dan dan manfaatnya bagi kulit.

Jadi untuk memakai skincare sebenarnya perlu memperhatikan apa saja dalam kandungannya. Karena setiap kulit punya kebutuhan dari permasalahannya sendiri. Jika memang timbul efek samping dalam kulit, maka akan segera mengetahuinya dari kandungan skincare di dalam produk. Maka dari itu, tidak disarankan memakai banyak produk skincare dalam satu waktu.

Kebanyakan wanita tidak mengatahui dengan benar kandungan skincare yang dipakai.
Memakai rangkaian skincare/freepik.com

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kandungan skincare adalah salicylic acid. Namun, apakah Beautynesian sudah mengetahui apa khasiat kandungan ini untuk kulit. Biasanya wanita yang melawan breakout, akan sangat membutuhkan kandungan salicylic acid dalam skincare. Karena begitu memakai kandungan ini, jerawat akan kering dan lebih tidak terlihat.


Salicylic acid lebih larut dalam minyak sehingga mampu untuk menembus pori-pori kulit. Dengan kata lain, bahan yang larut dalam minyak dapat menembus kulit lebih dalam daripada bahan yang larut dalam air. Kulit akan mendapat manfaat, antara lain mengendurkan kulit mati yang sudah tua hingga memperlihatkan kulit baru. Selain itu, bisa mengatasi jerawat terutama blackhead dan whitehead.

Manfaaat salicylic acid, antara lain mengatasi jerawat terutama blackhead maupun whitehead.
Mampu mengatasi blackhead maupun whitehead/freepik.com

Keampuhan lainnya dari kandungan ini juga mampu melarutkan kotoran kulit yang menyumbat pori-pori, bertindak sebagai antiinflamasi, dan membantu menghilangkan jerawat kemerahan agar cepat hilang. Tidak hanya itu, salicylic acid mendorong eksfoliasi kulit sehingga kulit akan bersih menyeluruh. Namun, disarankan untuk jangan terlalu sering memakai produk eksfoliasi.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi bertumbuhnya jerawat, yaitu sel-sel kulit yang mengelupas secara tidak normal, minyak berlebihan, dan bakteri. Salicylic acid membantu menghilangkan semua faktor penyebabnya tumbuh jerawat secara menyeluruh.

Ada tiga faktor utama jerawat tumbuh dan salicylic acid mampu mengatasinya.
Menghilangkan faktor penyebab tumbuhnya jerawat/freepik.com

Namun memakai salicylic acid juga menimbulkan efek samping, yaitu mengiritasi dan mengeringkan kulit yang sensitif jika menggunakannya secara berlebihan. Maka dari itu, tiap wanita harus mengetahui kondisi kulitnya untuk menghindari permasalahan kulit lain muncul. Memakai produk salicylic acid tidak disarankan pada seluruh wajah, hanya cukup pakai didaerah berjerawat saja.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id