sign up SIGN UP

SKINCARE

Waspada! Ini Tanda-Tanda Serum Vitamin C Sudah Teroksidasi

Agatha Kharisma | Jumat, 01 Sep 2017 12:30 WIB
Waspada! Ini Tanda-Tanda Serum Vitamin C Sudah Teroksidasi
caption
Serum vitamin C menjanjikan banyak manfaat bagi kulit, mulai dari mencerahkan hingga melindungi kulit dari radikal bebas. Akan tetapi, vitamin C memiliki satu kelemahan, yaitu mudah mengalami oksidasi. Untuk mengenalinya, kenali tips memilih serum vitamin C berikut ini. Psst, hati-hati bila serum memiliki ciri-ciri seperti ini!


Perubahan Warna


Mudah saja mengenali ciri-ciri serum vitamin C yang sudah teroksidasi, yaitu perubahan warna. Apabila sebelumnya serum vitamin C berwarna bening, setelah teroksidasi warnanya akan berubah menjadi oranye tua. Serum vitamin C yang sudah berubah warna tak lagi mampu mencerahkan atau melindungi kulit dari radikal bebas, jadi sebaiknya jangan dipakai lagi, ya. Untuk mengetahui solusinya, terapkan tips memilih serum vitamin C berikut ini!
 
Foto: https://www.yesstyle.com



Segera Digunakan


Kalau memilih serum vitamin C yang terbuat dari campuran ascorbic acid dengan air, maka formula ini rentan teroksidasi. Semakin lama dan semakin sering terekspos dengan udara, maka proses oksidasi terus berjalan. Jadi, sebaiknya serum vitamin C yang sudah dibuka segera digunakan secara rutin, agar dapat kamu habiskan sebelum sempat teroksidasi.
 


Foto: https://womansway.ie



Perhatikan Kemasan


Karena penyebab serum vitamin C teroksidasi adalah kontak dengan udara, maka salah satu solusinya adalah memilih serum vitamin C dalam kemasan kedap udara. Kemasan botol dengan dropper masih memberi celah bagi serum vitamin C untuk terkena udara dan cahaya matahari. Harganya juga cukup mahal. Salah satu pilihan produk serum vitamin C dengan kemasan kedap udara adalah C-Firma™ Day Serum dari Drunk Elephant yang dibanderol dengan harga USD 80 atau sekitar Rp 1.180.000.
 


Foto: https://skinritualdiary.com



Perhatikan Formulasi


Tips memilih serum vitamin C agar tidak mudah teroksidasi adalah dengan memilih formulasi yang pada dasarnya tidak rentan oksidasi, yakni serum vitamin C yang menggunakan bahan selain ascorbic acid. Zat-zat turunan dari ascorbic acid seperti magnesium ascorbyl phospate atau ascorbyl glucoside memberikan manfaat yang setara, dengan resiko oksidasi maupun iritasi rendah.

Kalau penasaran, coba Wardah C Defense Serum yang mengandung ethyl ascorbic acid atau Facial C-Serum dari Sensatia Botanicals yang mengandung ekstrak kakadu plum kaya vitamin C.
 


Foto: https://www.pinterest.se
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id