sign up SIGN UP

SKINCARE

You Should Know: Kandungan Skin Care yang Tak Boleh Dipakai Bersamaan

S Saraswathi | Rabu, 13 Mar 2019 04:30 WIB
You Should Know: Kandungan Skin Care yang Tak Boleh Dipakai Bersamaan
caption
Skin care adalah perawatan wajah. Meski terbilang penting, kamu juga perlu tahu kandungan dan bahan-bahan apa saja yang ada di dalam skincare kamu. Ya, tidak sembarang asal mencampurkan. Karena ada beberapa bahan yang tidak boleh digunakan bersamaan. Lalu apa saja bahan-bahannya? Beautynesia akan membantuk kalian untuk berbagi informasi tentang skin care tips Indonesia tentang skin care yang tidak boleh digunakan bersamaan. Langsung cek aja yuk!

Retinol dan salicyclic acid


Foto: https://detailorientedbeauty.com/

Untuk kalian yang belum tahu, retinol itu adalah turunan dari vitamin A yang berfungsi untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Retinol juga merupakan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sedangkan salicyclic acid memiliki fungsi untuk meregenerasi kulit dan mengatasi jerawat. Kedua bahan ini termasuk bahan aktif yang akan menimbulkan masalah kulit jika digunakan secara bersamaan. Masalah yang mungkin terjadi adalah kulit rentan radang dan iritasi.
 


Retin-A dan Scrub Exfoliants


Foto: https://jatim.tribunnews.com/

Untuk informasi bagi kalian, Retin-A sering digunakan pada produk anti-aging, karena bahan ini mampu meregenerasi sel kulit secara cepat. Namun, retin-A juga dapat membuat kulitmu cenderung lebih kering dan mudah terkelupas. Apalagi jika kamu menggunakanya dengan scrub exfoliants, kulitmu akan semakin mengelupas secara berlebihan. Akibatnya kulitmu bisa menjadi teriritasi.


Retinol dan Benzoyl Peroxide


Foto: https://www.rd.com/

Kedua bahan ini dapat membuat kulitmu menjadi kering. Kedua memang dikenal ampuh mengatasi jerawat, namun kulitmu akan menjadi sangat kering jika menggunakannya secara bersamaan. Kulit yang kering akan rentan degan munculnya kerutan. Hati-hati ya ladies.
 


Benzoyl Peroxide dan BHA


Foto: https://amazon.com/

Beta Hydroxy Acids atau yang dikenal dengan BHA dapat membantumu mengeksfoliasi kulit. Jangan sampai kamu menggabungkan produk skin care yang mengandung BHA dengan produk skin care yang mengandung benzoyl peroxide. Kedua bahan ini dapat memicu jerawat aktif dan iritasi.
 


Retinol dan AHA/BHA


Foto: https://makeupfoundry.com/

Retinol, AHA dan BHA merupakan bahan-bahan skin care yang mampu menangani masalah kulit seperti jerawat, noda hitam dan penuaan dini. Namun, kamu gak boleh menggunakan bahan-bahan ini secara bersamaan. Kamu bisa mengalami kulit iritasi akibat over-exfoliated atau pengelupasan secara berlebihan. Kamu bisa menggunakannya secara bergantian, misalnya produk dengan AHA/BHA di pagi hari dan produk dengan retinol di malam hari.
 


Vitamin B3 dan AHA


Foto: https://www.sephora.com/

Vitamin B3 yang juga  lebih dikenal dengan niacinamide, dapat membantumu memperbaiki struktur kulit. Vitamin B3 akan bekerja dengan baik pada pH netral. Namun, jika bahan ini dicampurkan degan AHA dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
 


Vitamin C dan AHA


Foto: https://laguost.us/

AHA atau Alpha Hydroxy Acids adalah produk yang berfungsi untuk melakukan eskfoliasi pada kulit. Eksfoliasi ini dapat mengubah pH pada vitamin C, sehingga jika kalian menggunakannya dengan bersamaan dapat menghilangkan fungsi antioksidan di dalam vitamin C. Akibatnya, keefektifan produk vitamin C menjadi berkurang.

Ladies, sekarang kalian sudah tahukan skincare apa saja yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Skin care terbaik dan skin care yang bagus tentunya yang aman untuk kalian dan cocok dengan jenis kulit kalian. Berhati-hatilah dalam penggunaan skincare ya ladies. Semoga informasi ini bisa membantu kalian ya.



(Editor/Rizki Astuti)


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id