sign up SIGN UP

SKINCARE

Yuk Kenali 3 Jenis Jerawat di Wajah Berikut Ini!

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 13 Sep 2020 22:00 WIB
Yuk Kenali 3 Jenis Jerawat di Wajah Berikut Ini!
Jenis Jerawat/freepik.com
Jakarta -

Jerawat memang salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang dan sangat mengganggu. Tapi, enggak banyak yang tahu bahwa ternyata jerawat memiliki berbagai macam jenis. Jadi, jerawat bukan hanya berupa benjolan merah di kulit saja. Jenis-jenis jerawat ini pun tentu perlu perawatan yang berbeda untuk mengatasinya. Berikut ini, Beautynesia.id telah merangkum 3 jenis jerawat yang perlu kamu ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris adalah jenis yang paling rutin muncul di kulit. Jika kamu sering beraktivitas di luar, maka kemungkinan besar jerawat ini akan muncul.
Jerawat/freepik.com

Jerawat vulgaris adalah jenis yang paling rutin muncul di kulit. Jika kamu sering beraktivitas di luar, maka kemungkinan besar jerawat ini akan muncul. Bukan hanya di wajah, jerawat yang satu ini juga dapat muncul di area tubuh lain seperti punggung, bahu, dan bokong. Awalnya jerawat ini dimulai dari yang ringan. Namun, jerawat vulgaris akan berkembang dengan cepat apabila tidak diatasi dengan tepat. Jadi sebaiknya, segeralah merawat kulitmu apabila tanda-tanda jerawat vulgaris akan muncul.


Jerawat Mekanika

Jerawat yang satu ini dapat muncul karena panas berlebih, tekanan, atau gesekan pada kulit.
Jerawat/freepik.com

Jerawat yang satu ini dapat muncul karena panas berlebih, tekanan, atau gesekan pada kulit. Jerawat mekanika memang umum pada bagian tubuh. Misalnya jerawat ini muncul karena memakai pakaian dalam terlalu ketat dan lain sebagainya. Namun, di era new normal seperti sekarang ini, tidak menutup kemungkinan jerawat mekanika juga bisa muncul di wajah. Oleh karena itu, pilihlah masker kain yang bahannya nyaman dan aman untuk kulit. Jerawat ini pun akan hilang dengan sendirinya bila pemicunya sudah tidak ada.

Jerawat Rosacea

Jerawat ini akan muncul apabila kamu mengalami stres berlebih, terkena paparan sinar matahari, makan makanan pedas, atau minum cairan panas. Tampilan jerawat rosacea hanya memerah seperti kulit yang terbakar.
Jerawat/pinterest.com

Biasanya jerawat rosacea dialami oleh orang dewasa dengan rentang usia 30 tahun. Namun, jerawat ini juga bisa jadi timbul pada remaja. Jerawat ini akan muncul apabila kamu mengalami stres berlebih, terkena paparan sinar matahari, makan makanan pedas, atau minum cairan panas. Tampilan jerawat rosacea hanya memerah seperti kulit yang terbakar. Sehingga mereka yang menderita rosacea ringan pun jarang menyadari hal ini. Tapi jika sudah parah, jerawat ini akan menyebabkan hidung bengkak, bahkan masalah pada mata. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu mengunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id